by

Liga Champions, Ini Prediksi Ilmuwan

Babak 16 besar Liga Champions akan segera berlangsung. Para ilmuwan pun ikut mengutak-atik siapa lawan siapa.

Chelsea diperkirakan bertemu Barcelona saat undian babak 16 besar Liga Champions digelar pada Senin (16/12) mendatang.

Dilansir Daily Mail, persentase Chelsea bersua Barcelona mencapai 23,38 persen jika mengacu akun Twitter LaLigaenDirecto yang dikelola pakar matematika Fran Martinez.

Persentase ini lebih besar dibandingkan kemungkinan Blaugrana bertemu tim-tim yang finis sebagai runner up grup seperti Tottenham Hotspur (22,33 persen), Atalanta dan Napoli (18,58 persen), serta Lyon (17,13 persen).

Dalam hitung-hitungan ini disebutkan pula dua wakil Inggris, Liverpool dan Manchester City berpotensi untuk berjumpa dua tim asal Madrid, Real Madrid maupun Atletico Madrid.

Probabilitas Man City bersua Madrid mencapai 21,88 persen sedangkan peluang berjumpa Atletico (22,63 persen).

Persentase dengan besaran yang sama juga didapat Liverpool. Kemungkinan sang juara bertahan bertemu Los Merengues mencapai 21,88 persen dan Atletico (22,63 persen)

Martinez sendiri coba mengkalkulasi persentase peluang seluruh tim yang lolos ke 16 besar. Ia membagi 16 tim dalam dua pot yang berbeda.

Satu pot berisikan tim-tim yang lolos sebagai juara grup dan pot lainnya ditempati delapan tim yang berstatus runner up grup. Dalam melakukan prediksi ini, Fran mengikuti aturan tidak ada tim dari negara yang sama bertemu di babak 16 besar dan tim yang berada satu grup di penyisihan grup.

Babak 16 besar Liga Champions musim 2019/2020 jadi yang pertama kali sepanjang sejarah hanya wakil Inggris, Prancis, Spanyol, Italia, dan Jerman menghiasi fase ini.

Inggris dan Spanyol mengirimkan empat wakil, Jerman dan Italia dengan tiga wakil, serta Prancis meloloskan dua tim ke fase gugur. *

(sumber: cnnindonesia.com)

News Feed