by

Atlet Pencak Silat Batam Harus Berprestasi Nasional

Batam (HK) – Atlet pencak silat yang ada di Kota Batam, diharapkan bisa berprestasi dan mengharumkan nama Kota Batam di tingkat nasional. Sebab, saat ini ada ratusan pendekar yang berasal dari 44 perguruan pencak silat yang ada di Batam.

Hal itu disampaikan oleh ketua IPSI Kota Batam, Hendrik setelah dilantik sebagai Ketua Pengurus IPSI Kota Batam, masa bakti 2019-2023 dDi aula Pusat Informasi Haji (PIH) Batam Centre, Sabtu (14/12/2019) sore.

Dia mengatakan, langkah awal yang akan menjadi prioritas kepengurusannya yakni mendata kembali seluruh padepokan pencak silat yang ada di Kota Batam.

“Dan kami akan mengeluarkan sebuah Surat Keputusan (SK) kepada seluruh perguruan pencak silat yang sudah ada, dengan tujuan untuk menertibkan administrasi di setiap perguruan pencak silat,” ucap anggota DPRD Kota Batam itu.

Sementara itu Ketua Umum IPSI Provinsi Kepri, Huzrin Hood mengatakan, pencak silat merupakan seni bela diri warisan para leluhur yang tersebar di banyak daerah seluruh nusantara dengan berbagai kisah nyata para pendekarnya.

Saat ini keberadaan bela diri pencak silat itu sudah mulai kurang diminati, terutama generasi muda. Padahal dalam pencak silat itu tersirat nilai-nilai luhur tentang kehidupan yang patut terus diwariskan.

“Dulu silat diajarkan sebagai bekal laki-laki yang sudah masuk usia baliq, bekal bagi pemuda yang hendak merantau, sebagai pagar diri. Namun disamping itu, belajar silat sejatinya bukan hanya soal adu kehebatan, melainkan belajar tentang kehidupan,” ujar Huzrin. (dam)

News Feed