by

PT Agung Peduli Soal Sampah di Kepri

BATAM (HK) – Agung Concern Group sebagai Induk Perusahaan Agung Toyota, Agung Rent, Agung Cartrans dan Agung Line, menyalurkan kepeduliannya terhadap permasalahan sampah di Kepri dengan melaksanakan program Eco Ranger di Tanjung Riau, Sekupang, Batam, Minggu (15/12/2019).

Komisaris Agung Concern, Nani Koespriani menjelaskan, Program Eco Ranger awalnya dibentuk oleh Greeneration Foundation (GF) sebagai jawaban atas permasalahan sampah di berbagai daerah di Indonesia.

“Workshop ini melibatkan Pemerintah Daerah, swasta, Civil Society Organization (CSO) dan masyarakat untuk saling berdiskusi menyampaikan pandangannya terkait pengelolaan sampah dan implementasi program Agung Concern bijak kelola sampah di Kepri,” jelasnya.

Program berjangka waktu 3 (tiga) bulan hingga Januari 2020 ini, menerapkan konsep pemberdayaan masyarakat lokal untuk mendukung Sustainable Consumption and Production (SCP) sebagai bagian dari Sustainable Development Goals(SDGs)
tujuan ke 12.

“Program ini diharapkan dapat turut membantu pemerintah dalam penyusunan strategi pengelolaan persampahan dan infrastruktur yang akan mendukung perekonomian masyarakat tanpa mengorbankan kelestarian lingkungan,” harapnya.

Dalam kesempatan workshop pertama ini masyarakat Tanjung Riau dan karyawan PT Agung Concern yang tergabung dalam Eco Ranger mendapatkan pelatihan mengelola sampah sesuai jenisnya dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse dan Recycle).

“Sebagai serangkaian program CSR (Coorporate Social Responsibility) Agung Concern, kegiatan ini adalah salah satu perwujudan nilai perusahaan. PT Agung Concern yaitu INCREDIBLE yang terdiri dari Integrity, Courage, Respects, dan Collaboration,” kata Nani.

“Perwujudan dari nilai respect inilah yang mendasari implementasi program kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar,” tambahnya.

Tahun ini, PT Agung Concern memilih tema pengelolaan sampah yang menjadi isu nasional. Program ini juga dilakukan dalam rangka memperingati 65 tahun PT Agung Concern.

“Pemilihan tema program CSR Agung Concern Bijak Kelola Sampah ini harapannya dapat lebih memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan lingkungan,” tutur Nani.

Program ini dilakukan di 8 propinsi yaitu Jakarta, Bengkulu, Bali, NTB, Jambi, Riau, Kepri dan Lampung. Bekerjasama dengan Greeneration Foundation sebagai salah satu mitra kerja dalam program ini.

Menurutnya, masyarakat di Kelurahan Tanjung layak menjadi percontohan pola pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan berbasis masyarakat.

“Sehingga membuka kesempatan yang lebih besar bagi kelurahan ini untuk menjadi
percontohan dalam pengelolaan sampah yang bertanggung jawab,” ucap Nani.

Kegiatan ini diharapkan dapat dijalankan dan bermanfaat bagi masyarakat serta lingkungan. Komitment dan penerapan yang konsisten serta terukur sangat diperlukan dalam menjaga keberlanjutan program ini ke depannya.

Dikatakan, kegiatan yang sama akan juga dilakukan di semua cabang dan anak perusahaan Agung Concern. Relawan-relawan dari karyawan akan membantu mengembangkan metode Bijak Kelola Sampah
di dalam perusahaan.

“Sehingga nantinya kesadaran mengelola sampah dapat ditularkan kepada para
karyawan lainnya serta seluruh stakeholder Agung Concern Group,” pungkasnya.(r/bob)

News Feed