by

“Korban Terkapar di jalan, Tim Terpadu Berikan Pertolongan”

Bintan (HK) – Dalam rangka memantapkan kesiapan pengamanan agenda akhir tahun, jajaran Satlantas Polres Bintan dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan menggelar simulasi penanganan kecelakaan lalu lintas terpadu di Tanjunguban, Minggu (22/12) sore.

Dalam simulasi, diperlihatkan adegan adanya korban laka lantas yang terkapar tak berdaya di jalan. Anggota polisi yang mengetahui peristiwa itu langsung melakukan koordinasi dengan tenaga medis setempat.

Tak elak, korban yang tak berdaya itupun langsung diberikan pertolongan pertama oleh tenaga medis. Hingga akhirnya dibawa dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Dari adegan-adegan itu, tampak dengan koordinasi yang baik bisa mengurangi angka fatalitas kecelakaan.

Apalagi, memasuki libur Natal dan Tahun Baru, kondisi jalanan padat dengan warga yang berlibur dan menimbulkan banyak potensi kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Bintan AKP Rendi Johan Prasetio menyampaikan, dengan tim terpadu ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengurangi fatalitas kecelakaan lalu lintas.

“Ya kita gelar simulasi ini untuk mensolidkan tim ketika ada kecelakaan. Walaupun kita berharap tidak ada musibah kecelakaan, tapi langkah waspada tetap harus kami lakukan,” ungkap Rendi, Senin (23/12) pagi.

Selain langkah penindakan dengan pertolongan cepat, Rendi juga menyampaikan pihaknya terus berusaha melakukan upaya pencegahan dengan melakukan sosialisasi.

“Ya beberapa titik rawan kecelakaan kita pasangi spanduk imbauan, kemudian diberbagai forum kita juga menyampaikan himbauan kamselibcar,” tuturnya. (oxy)

News Feed