by

Pilkada 2020, Persyaratan Calon Perseorangan Disosialisasikan

Tanjungpinang (HK) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri menggelar sosialisasi persyaratan calon perseorangan pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Kepri tahun 2020 mendatang di CK Hotel Tanjungpinang, Senin (23/12/2019).

Komisioner KPU Kepri, Arison, dalam pemaparannya mengatakan bahwa sosialisasi ini dilakukan guna memberikan informasi kepada bakal calon perseorangan gubernur dan wakil gubernur.

“Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon perseorangan untuk dapat maju mendaftar kan diri pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri,” ungkap Arison.

Dia menjelaskan, untuk pencalonan dari jalur perseorangan terkait dukungan maka syarat minimal, bagi calon, wajib mengantongi minimal dukungan sebanyak 122.943 KTP yang sudah diverifikasi administrasi dan faktual oleh lembaga pelaksana pemilu.

“Jika nantinya setelah diverifikasi terdapat kekurangan jumlah calon minimal dukungan, maka KPU akan memberikan kesempatan untuk memperbaiki,” tegas Arison.

Namun, lanjut Arison, calon perseorangan harus memperbaiki dan menambah kekurangan jumlah calon minimal dukungan sebnyak dua kali lipat.

“Misalnya kekurangannya 1000 dukungan, Sehingga untuk memperbaiki dan lolos, kekurangan verifikasi dikali dua calon perseorangan harus diperbaiki sebanyak 2000 dukungan,” tambah Arison.

Tak hanya persyaratan jumlah dukungan, lanjut dia, calon perseorangan gubernur dan wakil gubernur juga wajib menjalani rangkaian medical chek up atau tes kesehatan dan Tidak pernah tersangkut kasus narkoba atau perbuatan tercela lainnya.

Untuk keterangan sehat dari dokter, tegas Arison, semua ditetapkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) atau rumah sakit terbaik di Indonesia yang dipilih KPU

“Nanti, pihak dokter yang ditunjuk oleh lembaga penyelenggara pemilu akan menentukan komponen kesehatan apa yang harus dipenuhi bagi calon kepala daerah jalur perseorangan.” sebut Arison.

Dan yang terakhir, lanjut Arison, calon perseorangan yang sudah terlanjur menjalani beberapa tahapan pendaftaran di KPU Kepri, tidak diperkenankan untuk berpindah mengikuti partai lain.

“Jadi, kalau memang jalur perseorangan, dia harus mengikuti tahapannya sampai selesai. Tidak boleh dicalonkan partai mana pun, baik itu sebagai gubernur atau wakil gubernur.” tambah Arison.(efr)

News Feed