by

Jadi Narasumber, Ditreskrimum Polda Kepri Bahas Kejahatan TPPO

BATAM (HK) – Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan IOM UN Migration gelar pelatihan identifikasi dan penanganan perdagangan orang di sektor perikanan di Holiday Inn/Suite Jakarta pada 8 Januari – 9 Januari 2020.

Pada kegiatan pelatihan tersebut, Dirreskrimum Polda Kepri, Kombes Pol Arie Dharmanto selaku salah satu narasumber menjelaskan kepada para peserta pelatihan tentang aspek unsur dan penerapan pasal dan undang-undang serta penjelasannya.

Disamping membahas tentang penerapan pasal disampaikan juga tentang data pengungkapan yang dilakukan oleh Bareskrim Polri serta Kordinasi dan persamaan persepsi antar Penegak Hukum.

“Sehingga melalui kegiatan ini, diharapakan kedepannya masyarakat paham tentang kejahatan perdagangan manusia khususnya di wilayah perairan Indonesia,” ungkap Arie.

“Selain itu, hal ini juga guna upaya pencegahan perdagangan manusia, ayo mari kita bersama-sama berantas kejahatan ini,” tegasnya.

Dijelaskan juga tentang Pedoman dan Karekateristik Tindak Pidana TPPO di setiap wilayah perairan Indonesia, identifikasi korban perdagangan orang, penyelamatan korban TPPO, penuntutan hingga sampai ke rekomendasi dijelaskan oleh Dirreskrimum Polda Kepri.

Kegiatan pelatihan ini antusias diikuti para peserta dari institusi TNI-AL, Polisi Perairan, direktorat instansi terkait dan PPNS.(bob)

News Feed