by

“Kebersamaan dan Kerukunan Harus Selalu Ditingkatkan”

Batam (HK) – Kebersamaan dan kerukunan harus selalu ditingkatkan di Kota Batam. Karena, Batam daerah heterogen yakni semua agama ada di kota ini.

Hal itu disampaikan oleh Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA saat acara jalan sehat kerukunan dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kemenag RI Kemenag tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Sabtu (11/1/2020).

“Umat Rukun, Indonesia Maju, itu yang menjadi tema HAB Kemenag tahun ini. Filosofinya sangat dalam dan luar biasa, yakni, kalau umat sudah rukun, taat beragama dan taat beribadah, maka masyarakat akan sejahtera dan Indonesia akan tentram,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Batam, H Zulkarnain Umar, mengatakan esensi dari jalan sehat kerukunan itu adalah untuk menjalin kerukunan umat beragama, sesuai dengan tema HAB tahun ini.

“Kerukunan itu bukan saja kita duduk satu meja, tapi juga bisa melalui jalan sehat, olah raga. Kalau hal itu dilakukan, maka kerukunan dan kebersamaan itu akan bisa terwujud,” ujar Zulkarnain.

Dia menjelaskan, menyambut HAB tahun ini, Kemenag Kota Batam menggelar berbagai kegiatan, diantara, lomba karya tulis ilmiah, lomba catur, Pekan Olah Raga dan Seni Hari Amal Bakti (Porhab), penanaman pohon, volly ball, lomba masakan bergizi, perkemahan pelajar antara umat beragama.

“Jalan sehat kerukunan kali ini sangat meriah dan dihadiri ribuan warga Kota Batam, semua unsur agama, Pemko Batam, serta anggota DPRD Provinsi Kepri,” ucap Zulkarnain.

Ditambahkannya, nanti malam adalah rangkaian acara terakhir HAB Kemenag tingkat Kota Batam yang diselenggarakan di Golden Prawn, yaitu, silaturahim dengan tokoh-tokoh agama, pemerintah, dan stakeholder terkait lainnya.

“Hal ini rutin kita dilakukan sekali setahun guna meminta masukan dari tokoh-tokoh agama untuk kemajukan Kota Batam,” pungkasnya. (dam)

News Feed