by

Laut Natuna Perlu Coast Guard

NATUNA (HK) – Pakar Kemaritiman Natuna, Rodial Huda menegaskan, seyogyanya Indoensia memiliki coast guard untuk mengawal pemanfaatam sumberdaya kelautan Indonesia, termasuk di Natuna.

“Harusnya Indonesia juga ada cost guard kayak negera-negara tetangga seperti Cina dan Vietnam,” tegas Rodial di kediamannya Jalan H Adam Malik, Kelurahan Bandarsyah, Ranai, kemarin.

Menurutnya, fungsi pengamanan pemanfaatan semberdaya ini harusnya memiliki nomenkaltur tersendiri seperti coast guard yang dimiliki negara lain.

Keberadaannya dianggap penting untuk sedikitnya dua hal yakni menghindari tumpang-tindih pelaksanaan fungsi pengawalan keamanan laut dan untuk menjamin kemanan nelayan sebagai pihak yang memanfaatkan sumberdaya laut.

“Jadi kalau ada instansi khusus seperti ini nelayan kita akan lebih terjamin kemanannya dan petugasnya akan lebih jelas, bukan sperti yang terjadi sekarang ini. Bakamla kita sebut coast guard, PSDKP juga coast Guard, jadi bingung. Kayak Cina dan Vietnam, coast guard mereka tetap standbay di laut mengawal nelayan mereka. Dan bila terjadi apa-apa dengan nelayannya, coast guard itu langsung bertindak,” paparnya.

Rodial juga mengaku setuju apabila tugas-tugas ini dijalankan oleh instansi yang diperkuat dengan senjata yang berstandar kemanan.

“Ya itu harus (bersenjata- red.) Karena di laut itu juga ada kriminal, tapi tentunya persenjataan mereka harus yang standar kemanan sipil agar mereka kuat di laut dan sekaligus mereka juga dibekali kewenangan penyidikan. Itu yang kita harapkan,” pungkasnya.(fat)

News Feed