by

Bawaslu Bintan Buka ‘Catatan Hitam’ Pemilu 2019. Peringatan Buat KPU

Bintan (HK) – Sehari jelang pengumuman perekrutan PPK yang dilakukan KPU untuk bertugas di Pilkada 2020, Bawaslu Bintan kembali membongkar ‘catatan hitam’ pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

Catatan kelam mengenai kejadian hilangnya C1 plano di Kecamatan Bintan Timur yang mengakibatkan Ketua PPK setempat menjadi teradu di pengadilan negeri, memberikan perhatian khusus Bawaslu Bintan.

“Itu akan jadi perhatian, kita sudah sampaikan baik lisan dan tersurat kepada KPU Bintan. Sebagai catatan,” kata Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bintan, Dumoranto Situmorang, di Toapaya, Selasa (14/1) siang.

Meski demikian, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada KPU Bintan yang memiliki kewenangan penuh dalam hal tersebut. Akan tetapi, catatan dari Bawaslu mesti dipertimbangkan.

“Jangan sampai terjadi lagi. Makanya kita ingatkan,” timpalnya.

Selain hal itu, beberapa hal juga menjadi perhatian serius Bawaslu seperti calon PPK tidak berasal dari partai politik atau tim sukses pasangan calon.

Selain itu, calon anggota PPK yang sudah 2 periode tidak diperkenankan lagi mendaftar.

“Kita kerahkan anggota Panwascam untuk mengawasi setiap tahapan proses perekrutan PPK yang dilaksanakan KPU,” kata Dumoranto.

Sebagaimana diketahui, KPU akan mengumumkan perekrutan calon PPK pada 15 hingga 17 Januari 2020. KPU akan menerima 50 orang terbaik untuk mengisi jabatan sebagai PPK se-Bintan. (oxy)

News Feed