by

Satu Flight Pesawat F16 Turut Mengamankan Natuna

NATUNA (HK) – Saban hari langit Natuna diwarnai oleh pesawat tempur. TNI AU mengerahkan empat flight tempur F16 dari Skadron Udara 16 Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk mengamankan kawasan Natuna.

Komandan Lanud Raden Sadjad (RSA) Natuna, Kolonel Pnb. Fairlyanto mengatakan, sejak beberapa hari belakangan ini TNI AU mengerahkan empat unit jet tempur jenis F16 di Natuna dan selama ini keempat pesawat itu berhombase di Pangkalan RSA.

Misinya adalah untuk melaksanakan patroli udara di wilayah laut teritorial dan Zone Ekonomi Eksklisif Indonesia (ZEEI) Natuna.

Namun begitu, Ia tidak menyatakan secara pasti sampai kapan keberadaan pesawat itu akan ditugaskan di Natuna.

“Dalam rangka patroli udara sampai beberapa hari kedepan,” kata Kolonel Fairly, Rabu (15/1) melalui telepon.

Kolonel Fairly melanjutkan, operasi pesawat tempur itu erat kaitannya dengan kegiatan Kogabwilhan I yang tengah mengamankan perairan Natuna dari ancaman tindakan illegal fishing.

“Kaitannya dengan kegiatan Kogabwilhan ada, mas. Memang untuk itu,” tegasnya mengakhiri.

Selain satu flght Pesawat F-16, patroli udara ini juga melibatkan satu tim Sar Helly Super Puma dari Skadron Udara 8 Atang Sendjaja, Bogor dan satu  Tim SAR dari  Batalyon 462 Pasukan khas TNI AU Lanud Pekanbaru serta air crew maupun ground Skadron Udara 16  Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin. Kumudian patroli ini juga didukung satu pesawat C-130 Herkules dari Lanud Abdurahman Saleh.

Flighat tempur tersebut  dipimpin langsung oleh Komandan Skadron 16, Letkol Pnb Bambang “Bramble” Apriyanto untuk misi patroli selama beberapa hari kedepan.

Sebelumnya, Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI, Yudo Margono menegaskan, kegiatan pengawasan akan terus berlanjut. Pihaknya mengerahkan tujuh unit KRI ke Natuna.

Kegiatan pengamanan melalui laut ini didukung juga dengan kegiatan serupa melalui udara.

“ZEE kita klir, kapal Cina itu udah keluar dari perairan Indonesia sekitar 89 mil dari ZEEI. Cuma kegiatan pengamanan terus berlanjut,” kata Laksamana Margono kepada sejumlah wartawan di Lanud RSA Natuna, Senin (13/1).

Terpantau, setiap hari Jet Tempur F16 itu terbang beriring-iringan dengan suaranya yang khas. Warga pun tampak senang menyaksikan pesawat perang itu yang kadang-kadang terlihat dengan jelas.

“Wah, keren. Pesawatnya canggih, terbangnya cepat betul. Mudah-mudahan negara kita tetap aman,” celetuk Alfa seorang warga Ranai.(fat)

News Feed