by

Ikama Hadir Mengayomi Warga Madura Batam

BATAM (HK) – Satu lagi paguyuban kedaerahan hadir di Batam, yakni Ikatan Keluarga Madura (Ikama) Cabang Batam. Sesuai tujuan utamanya, Ikama hadir sebagai wadah untuk mengayomi Warga Madura yang ada di Batam.

Di periode pertama atau masa bakti 2020-2025 ini, Umar Faruq terpilih sebagai Ketua, kemudian Syamsul Huda sebagai Sekretaris dan Syakur dipercaya sebagai
Bendahara. Serta Muhammad Nur sebagai Ketua Dewan Penasehat Ikama Batam.

“Berdasarkan hasil rapat bersama, kami Warga Madura di Batam sepakat membentuk Ikama Batam,” ungkap Ketua terpilih, Umar Faruq usai rapat pembentukan yang dihadiri kurang lebih 60 Warga Madura yang ada di Batam, Kamis (16/1), di Pasar Legenda Malaka, Batam Center.

Kepada awak media, Umar Faruq menguraikan sejumlah agenda jangka pendek usai terbentuk, diantaranya melengkapi struktur kepengurusan untuk kemudian pengajuan permohonan SK ke pusat, persiapan pelantikan dan penyiapan sekretariat.

Agenda lainnya, yakni registrasi dan pembentukan Kartu Tanda Anggota (KTA), karena menurut data yang dimiliki ada kurang lebih 10 ribu warga Madura yang ada di Batam, namun belum terhimpun terdata secara baik.

“Kita akan data dan buatkan KTA, karena kita akan rangkul dan akomodir warga kita yang ada di Batam,” ungkapnya.

Khusus untuk pelantikan, lanjutnya, akan diagendakan pada pertengahan Bulan Februari 2020 mendatang, dan akan menghadirkan Profesor Mahmud MD selaku
Ketua Dewan Penasehat Pusat dan HM Rawi sebagai Ketua Umum.

“Tidak hanya pelantikan, tapi kita akan rangkai dengan kegiatan sosial dan seminar nasional,” jelasnya.

Ditambahkan oleh pengurus lainnya, Cak Kusnadi, bahwa meski baru terbentuk di Batam namun sesungguhnya kehadiran Ikama sudah 47 tahun lalu, yang didirikan dua tokoh Madura, yakni RKH Amin Imron dan KH Sukron Makmun.

Terakhir, bahwa kehadiran Ikama Batam akan menjadi wadah dari semua paguyuban Madura yang ada di Batam. (ays)

News Feed