by

Ekonomi Batam Bisa Digenjot, Osco: Ini Strateginya

Batam (HK) – Osco Olfriady Letunggamu atau yang akrab disapa Osco, sosok muda yang mencalonkan diri sebagai Kandidat Wakil Walikota Batam 2020-2024, mengaku optimis ekonomi Batam bisa digenjot lebih maksimal. Sehingga pertumbuhan ekonomi Batam bisa lebih tinggi dari pencapaian saat ini.

Untuk itu, menurutnya, Batam butuh pemimpin kedepan yang punya strategi ekonomi yang jitu. Pemimpin yang mampu memanfaatkan seluruh potensi Batam sebagai wilayah Free Trade Zona (FTZ).

“Ekonomi Batam bisa digenjot, hanya saja butuh strategi yang lebih jitu,” ungkap Ketua Perhimpunan Alumni Jerman ini ke awak media baru-baru ini.

Strategi yang dimaksudkan, adalah strategi promosi ekonomi yang lebih luas dan kepemimpinan berorientasi visi ekonomi, sehingga mampu memaksimalkan investasi

“Pertumbuhan Batam masih terbilang lambat, harusnya bisa lebih,” ungkap Osco.

Menurutnya, BP Batam maupun Pemko Batam telah berupaya keras memaksimalkan potensi Batam sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas tapi pertumbuhan ekonomi dan investasi masih terbilang lambat. Karenanya butuh strategi lebih.

“Yang dibutuhkan Batam adalah investasi yang riil. Jangan hanya investasi asing, tapi juga investasi dalam negeri. Misal produksi speaker dari Jawa dibawa ke Batam,” ujar Osco seraya menyebut investasi industri lokal bisa memudahkan transfer teknologi bagi SDM di Batam.

Karenanya, Osco berkeyakinan Batam butuh strategis promosi yang lebih luas dan gencar lagi. Persepsi ekonomi juga jangan dibatasi oleh isu lahan. “Termasuk objek wisata yang seksi jangan dijual murah. Batam harus percaya diri, promosi dan diakui dunia internasional,” papar Osco.

Masih kata Osco, berbagai perubahan kebijakan dan regulasi pun telah diterapkan oleh Pemerintah Pusat agar Batam kembali bangkit dan bergairah. Oleh karena itu, momen Pilkada 2020 merupakan salah satu harapan bagi Warga Batam untuk mendapatkan Pemimpin yang benar-benar mampu membangkitkan kembali pertumbuhan perekonomian.

Apalagi menurutnya Batam pernah berada di puncak kejayaan ekonomi, sehingga diharapkan Batam memiliki pemimpin yang memiliki gebrakan-gebrakan spektakuler dalam menghadapi persaingan global dan target kesetaraan dengan negara tetangga Singapura.

“Batam harus dipimpin oleh orang yang mampu membangun investasi ril melalui baragam potensi yang ada, serta mengejar pengakuan Pusat maupun Internasional,” sebut Osco.

Bakal Calon Wakil Walikota Batam, Osco, sebagai tokoh muda yang telah mumpuni berkiprah di bidang perekonomian dan bisnis pada level nasional maupun internasional, merasa tertarik untuk terlibat dalam Pembangunan Kota Batam. (r/ays)

News Feed