by

Tiba Di Batam, Puluhan PMI Ilegal Diselamatkan di Pantai Nongsa

Batam (HK) – Penyelundupan puluhan pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal berhasil digagalkan oleh Satbrimob Polda Kepri di pantai Bakau Serip, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Batam pada Jumat (10/1/2020) sekira pukul 05.30 Wib.

Selanjutnya, para PMI ilegal tersebut diserahkan kepada Subdit IV Ditreskrimum Polda Kepri.

Hal itu pun dibenarkan oleh Dirreskrimum Polda Kepri, Kombes Pol Arie Dharmanto saat dikonfirmasi haluankepri.com.

“Iya benar, sekarang kita dalam penyelamatan korban dulu, untuk kordinasi dengan BP3 guna pemulangan,” ungkap Arie saat itu.

“Sementara itu, untuk tersangka yang terlibat dalam PMI ilegal ini masih dalam lidik,” tambahnya.

Berdasarkan sumber haluankepri.com, sebanyak 24 PMI ilegal ini datang dari Malaysia dan baru tiba di Batam yang diantar oleh seorang tekong menggunakan kapal pancung.

“Yakni diantaranya, 18 orang laki-laki dan 6 orang perempuan,” ungkap Pria yang tidak mau disebutkan namanya.

Informasi yang dihimpun, bahwa para calon PMI ilegal ini dikoordinir oleh salah seorang bernama Acin warga Tanjung Uban, Kabupaten Bintan dan dibantu oleh Romi orang kepercayaan Acin yang mengatur dilapangan.

“Ya, mereka ini dikordinir oleh seseorang bernama Acin, warga Tanjung Uban, sementara di Batam untuk dibatam dibantu oleh Romi orang kepercayaan Acin,” bebernya.

Diketahui, kegiatan ilegal ini kerap dilakukan di pelabuhan tikus persisnya di pantai-pantai Nongsa.

“Jika kegiatan ilegal ini tercium oleh aparat di seputaran pantai Nongsa, maka para PMI ilegal ini akan turunkan oleh tekong di Tanjung Uban,” katanya.

“Selanjutnya dari Tanjung Uban, mereka akan diberangkatkan dengan menggunakan kapal Roro via Tanjung Uban-Batam,” tambahnya.

Bahkan, diketahui jaringan PMI ilegal ini juga diduga menjadi jaringan Internasional peredaran gelap Narkotika dari luar Negeri menuju Indonesia, Batam.

Tak tanggung-tanggung, bahkan sebelumnya sebanyak 1,5 Kg Narkotika jenis Sabu-sabu pernah digagalkan dari PMI ilegal yang baru tiba di pantai Terih Nongsa kelurahan Sambau, Nongsa Batam, Kepri pada Kamis (14/11/2019) lalu. (bob)

News Feed