by

Komplotan Pencuri Uang Pedagang Bincen Diringkus

TANJUNGPINANG (HK)- Unit Reskrim Polsek Tanjungpinang Timur akhirnya berhasil membekuk dua orang komplotan pelaku pencurian uang milik salah seorang pedagang di Pasar Bintan Center (Bincen) Kilometer 9 Tanjungpinang. Kedua pelaku berinisial K dan IR ditangkap dikediamannya di Tanjungbalai Karimun, Sabtu, (18/1).

“Penangkapan kedua pelaku ini merupakan hasil koordinasi kita dengan jajaran Polres Karimun, kemudian kita bawa ke Tanjungpinang menggunakan kapal fery,”kata Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Indra Jaya, Selasa (21/1).

Dijelaskan, bahwa kedua pelaku tersebut ternyata merupakan pasangan kakak beradik, yakni K seorang wanita dan IR, seorang pria, menggunakan hijab saat menjalankan aksinya berpura-pura berbelanja, lalu mengambil tas berisikan uang Rp10 juta milik korban korban Leni Silitonga, pedagang pasat Bintan Center, Kilometer 9 Tanjungpinang, Jum’at (6/12) sekitar pukul 10.15 WIB lalu.

“Aksi pencurian yang dilakukan para pelaku saat itu sempat terekam kamera CCTV di kios milik korban. Dalam rekaman CCTV itu terlihat ada tiga wanita berhijab menyusun strategi untuk menjalankan aksinya,”ungkap Indra.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa kedua pelaku ini merupakan resedivis dengan kasus yang sama di Tanjungbalai Karimun sebelumnya dengan modus menggunakan hijab dan cadar untuk mengelabui korbannya.

“Dalam aksinya, satu orang pelaku berpura-pura menanyakan harga, sedangkan pelaku lainya mengambil tas korban yang isinya barang-barang berharga milik korban,” jelas Kapolsek Tanjungpinang Timur ini.

Hingga kini, kata Indra, pihaknya masih terus melakukan pengembangan terhadap tindak pidana lain yang diduga pernah dilakukan oleh para pelaku.

“Kedua pelaku telah kita amankan di Mapolsek, dan masih terus dilakukan pengembangan lebih lanjut. Perbuatan pelaku dapat dijerat sebagaimana diatur dalam Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian,”ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, tiga orang diduga sebagai emak-emak berhijab, melakukan aksi pencurian uang Rp.10 Juta beserta surat berharga lainnya dalam tas milik korban korban Leni Silitonga, pedagang pasat Bintan Center Tanjungpinang dengan modus berpura-pura berbelanja sembako di kios milik korban.

Aksi ketiga terduga pelaku mengenakan kerudung saat itu sempat membuat para pedagang dan pengunjung pasar lainya kaget. Beberapa anggota Polisi yang mengetahui adanya kejadian tersebut langsung mendatangi lokasi, lalu melihat adanya rekaman CCTV di kios milik korban.

Setelah mengambil tas korban tersebut, ketiga pelaku langsung pergi meninggalkan lokasi kejadian. Korban baru sadar bahwa tas berisi uang termasuk beberapa surat berharga miliknya tersebut sudah hilang beberapa saat kemudian.(nel)

News Feed