by

Antisipasi Virus Corona Masuk Batam, 11 Thermal Scanner Disiapkan di Pelabuhan

BATAM (HK) – Dalam rangka mengantisipasi virus Corona masuk ke Kota Batam, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Kota Batam, persiapkan Thermal Scanner di pelabuhan Kota Batam.

Dimana saat ini KKP Batam menyiapkan 11 unit Thermal Scaner di pelabuhan Internasional dan di pelabuhan Domestik Batam.

Kabid Karantina dan Survailance Epidemologi KKP Batam, Romer Simanungkalit mengatakan pencegahan virus Corona itu sangat penting dilakukan, karena Kota Batam adalah salah satu pintu masuknya wisatawan ke Indonesia.

“Jadi kami juga siagakan 4 personil untuk masing – masing lokasi. Untuk sistem kerjanya adalah dengan sistem shift,” ucap Romer kepada awak media, Rabu (22/1/2020) di Pelabuhan Internasional Ferry Batam Centre.

Dikatakan Romer, 11 Thermal Scaner itu akan disiagakan di Pelabuhan Internasional Batam Center, Sekupang, dan Harbourbay. Sedangkan untuk di pelabuhan Domestik akan disiagakan di Pelabuhan Punggur, Sekupang dan pelabuhan Pelni Batuampar.

“Sedangakn untuk di Bandara Hang Nadim, sebagaimana yang diketahui sekarang telah melayani direct flight dari China,” terangnya.

Menurutnya, salah satu ciri penderita virus Corona itu ditandai dengan peningkatan suhu tubuh, yang mencapai 38,5 derajat celcius. Virus itu masih tergolong misterius, tetapi akan langsung menyerang sistem pernafasan dari penderita.

“Yang kita tahu virus itu pertama sekali ditemukan di China. Batam adalah pintu masuk Wisatawan, Oleh karenanya perlu mensiagakan unit Thermal Scaner dan petugas. Bahkan kita juga bagikan masker kepada seluruh petugas yang berada di masing-masing pelabuhan,” pungkasnya.

Ditambahkannya, sampai saat ini wisatawan yang datang ke Batam belum ada menemukan yang mengalami gejala mencurigakan, tapi para petugas KKP, terus waspada dan tidak terlalu bergantung terhadap alat Thermal Scaner.

“Namun apabila ada menemukan Wisatawan mengalami gejala penderita virus Corona tersebut, maka akan langsung melakukan rujukan ke RSUD Embung Fatimah,” bebernya.(dam)

News Feed