by

Bungtim Perlu Tambahan Enam Unit Sekolah

Natuna (HK) – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Suherman, mengatakan, sampai kini salah satu fokus pemerintah adalah menambah ruang belajar untuk sekolah tingkat SD di wilayah Kecamatan Bunguran Timur (Bungtim).

Di kecamatan ini total kekurangan ruang belajar sebanyak 36 lokal sehingga seluruh murid tidak bisa tercover menjalani proses belajar mengajar dalam satu kesempatan.

“Upaya ini akan dilaksanakan bertahap. Alhamdulillah, kita sudah berhasil membangung SD 12 di Jalan Sihotang, kemudian disusul SD 13 di Jalan Sudirman, sekolah ini sedang proses baru jadi tiga lokal. Untuk tahun berikutnya SD 14 di Pring, Kelurhan Bandarsyah,” jelas Suherman kemarin.

Ia menggambarkan, sampai kini masih ada beberapa sekolah yang masih melaksanakan proses belajar mengajar dalam dua gelombang (pagi dan siang) seperti SD 1 Ranai, SD 2 Ranai, SD 4 Ranai dan SD 6 Bandarsyah karena ruang belajarnya belum cukup untuk mengcover murid.

Akibatnya ada sebanyak 36 rombongan belajar (Rombel) yang masih mengikuti sekolah siang karena adanya kendala di atas.

“Ke 36 rombel ini setara dengan 6 unit sekolah dan kalau dikalikan 26 orang pelajar dalam satu rombel maka total murid yang masih mengikuti belajar siang sebanyak 156 murid. Maka 6 sekolah ini lah yang harus dibangun ke depan,” terangang.

Suherman menegaskan, kekurangan ruang belajar ini hanya terjadi di satu kecamatan saja yakni Kecamatan Bunguran Timur, sedangkan di kecamatan-kecamatan lain sudah cukup.

“Cuma untuk di Bunguran Timur sifatnya cukup mendesak sebab disamping kekurangan ruang belajarnya banyak, pertumbuhan penduduk di Bunguran Timur juga sangat dinamis. Maka ini harus segera diatasi dan diantisipasi,” tandasnya mengakhiri. (fat)

News Feed