by

Pelatih Baru, tapi Barcelona Statis

Kehadiran Quique Setien menggantikan Ernesto Valverde ternyata belum memberikan dampak yang signifikan dalam skuad Barcelona. Meski memulai langkah cukup positif dengan meraih dua kemenangan di laga perdana, Barcelona di bawah asuhan Setien gagal melewati ujian sesungguhnya saat menghadapi Valencia akhir pekan kemarin.

Bertamu ke Stadion Mestalla, Lionel Messi dan kolega kalah telak dua gol tanpa balas di laga tersebut. Pelatih berusia 61 tahun itu pun mengakui jika timnya bermain buruk.

Mantan pelatih Real Betis itu meyakini kekalahan yang dialami timnya di laga tersebut karena mereka memiliki masalah komunikasi.

Padahal, berdasarkan statistik pertandingan, Blaugrana –julukan Barcelona– tampil cukup mendominasi dengan melakukan penguasaan bola hingga lebih dari 70%. Mereka juga mencatatkan 92% dalam hal akurasi pada 866 kali umpan yang dilepaskan di laga tersebut.

Tidak hanya itu, 14 kali tembakan juga berhasil dilakukan ke gawang Valencia kawalan Jaume Domenech. Namun, keberhasilan Setien dalam mengembalikan gaya bermain Barcelona yang mengandalkan penguasaan bola dinilai masih belum cukup. Sang pelatih juga mengakui kalau masih ada beberapa faktor yang menjadi perhatian pada penampilan timnya saat ini.

“Mereka tidak bermain bagus, atau mungkin kami sebagai staf pelatih tidak menjelaskan diri sendiri dengan baik. Kemungkinan, ada hal-hal yang perlu kita koreksi dan kami telah membuat banyak operan sia-sia,” ujar Setien, melansir dari laman Marca, Senin (27/1/2020).*

(sumber: okezone.com)

News Feed