by

Warga Batam Diminta Waspada Terus Waspada

Batam (HK) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah kota Batam menyebutkan, hingga Minggu (26/1/20), belum ada laporan warga yang diduga terjangkit virus corona.

“Belum terdeteksi sampai saat ini,” ujar Humas RSUDEF kota Batam, Novita, Minggu (26/1/2020).

Meski begitu, ia pun mengaku rumah sakit sudah memiliki segala fasilitas penanganan yang memadai seandainya menerima pengidap virus corona seperti ruangan khusus isolasi.

“RSUD Embung Fatimah, Batam sifatnya sebagai rumah sakit rujukan. Dan sudah menyiapkan ruang Isolasi sesuai standar Kemenkes,” terangnya.

Ruangan-ruangan tersebut berupa ruang unit gawat darurat (UGD) maupun ruang yang disiapkan untuk ruang isolasi seperti penderita penyakit paru-paru.

“Kalau gejala itu kan sudah bisa terdeteksi ya, dia menyerang ke pernafasan. Di UGD kami ada ruangan dekontaminasi. Nah di situ, pasien disendirikan,” ujarnya lagi.

Oleh sebab itu, jika rumah sakit ini, rumah sakit rujuk ke rumah sakit khusus infeksi yang seandainya menerima pasien virus corona.

Namun pihak rumah sakit meminta agar warga waspada dan yang masuk dalam kriteria tersebut untuk tidak panik.

“Kalau (RSUD) tidak siap, ya kita rujuk. Biasanya kita oper (rujuk) lagi ke rumah sakit khusus infeksi, agar penangananya langsung karena memang khusus untuk infeksi,” katanya. (ded)

News Feed