by

Rafiq Ajak Masyarakat Sukseskan SP 2020

Karimun (HK) – Bupati Karimun, DR H Aunur Rafiq, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan menyukseskan Sensus Penduduk (SP) 2020 yang dipelopori oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

“Mari kita sukseskan SP 2020 dengan berpartisipasi dan pro aktif selama SP berlangsung, yaitu pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020,” ujar Aunur Rafiq pada acara Focus Group Discussion (FGD) yang di laksanakan oleh BPS Kabupaten Karimun di Hotel Aston, Senin (21/1/2020).

Rafiq menyampaikan, masyarakat bisa berpartisipasi aktif dengan cara mengisi data diri secara mandiri melalui sensus online (SO) dengan mengakses sensus.bps.go.id.

“Masyarakat diharapkan menyambut baik kedatangan petugas sensus dengan memberikan jawaban yang benar dan lengkap,” imbau Rafiq.

Dia mengatakan, partisipasi masyarakat akan menghasilkan SP yang benar-benar akurat. Sehingga, hasil SP yang dilakukan oleh BPS bisa menjadi pedoman yang tepat bagi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengambil kebijakan. Baik itu untuk peningkatan mutu pendidikan, pembangunan infrastruktur serta sarana dan prasarana ataupun kebijakan lainnya.

Menurut Rafiq, data kependudukan yang valid dan akurat merupakan salah satu kunci utama dalam suksesnya pembangunan sebuah daerah dan negara.

“Kepada camat, kades, dan lurah tolong sosialisasikan sensus penduduk 2020 ini di wilayah masing-masing. Sehingga data kita betul betul akurat sesuai dengan keadaan sebenarnya dan akan kita jadikan dasar peningkatan kesejahetraan masyrakat melaui program program kerja kita kedepan khususnya program pengentasan Kemiskinan di Karimun,” kata Rafiq.

Sementara itu, Kepala BPS Karimun, Nurul Choiriyati SST MM mengatakan, SP tahun 2020 akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama, SP online yang dilaksanakan pada 15 Februari-31 Maret 2020. Melalui kesempatan itu, seluruh masyarakat Karimun diberikan kesempatan untuk mengisi form yang telah disiapkan melalui website SP yang disiapkan BPS.

“SP online bisa dilakukan dengan menggunakan handphone (HP), laptop atau komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet. Untuk masuk ke web, masyarakat harus menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor KK,” terang Nurul.

Setelah tahapan SP online berakhir, BPS akan melakukan SP lanjutan. Yaitu, SP dengan menggunakan metode wawancara langsung ke rumah warga.

“Bagi yang belum mengisi data SP secara online, mereka akan didatangi secara langsung oleh petugas sensus dari BPS,” ujar Nurul

Lebih lanjut, Nurul mengungkapkan, SP tahun ini dilakukan dengan mempedomani data yang berawal dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Karimun.

“Pada SP menggunakan metode wawancara, kami akan merekrut sejumlah tenaga kontrak . SP wawancara akan berlangsung pada 1-31 Juli 2020,” tutupnya. (hhp)

News Feed