by

Bawaslu Bintan Perketat Pengawasan Perekrutan PPK

Bintan (HK) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bintan memperketat strategi pengawasan perekrutan calon anggota PPK yang dilakukan KPU Bintan.

Pengawasan ujian tes tertulis yang diselenggarakan di Kantor KPU Bintan, Minggu (2/2) pagi terlihat seperti ujian nasional. Sebab, jajaran Bawaslu Bintan mengawasi secara langsung proses ujiannya.

Hal ini dilakukan demi terpilihnya penyelenggara adhoc yang memiliki integritas tinggi.

Ketua Bawaslu Bintan Febriadinata menyampaikan, pengawasan ini merupakan bagian dari pengawasan melekat yang harus dilaksanakan oleh Bawaslu Bintan.

“Pengawasan proses seleksi tes tertulis PPK ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan peserta yang bekerjasama dalam mengerjakan soal tes,” ujarnya.

Selain itu, Bawaslu Bintan juga membuka pos layanan di kecamatan untuk menampung masukan masyarakat berkenaan dengan calon-calon anggota PPK yang diseleksi agar benar-benar bersih dari kepentingan politik.

“Termasuk peserta yang mendaftar menjadi calon anggota PPK yang terlibat sebagai kader, anggota dan penggurus salah satu partai politik. Kita juga cermati,” sebutnya.

Sementara itu, Kordiv Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bintan Dumoranto Situmorang menambahkan, pengawasan dilakukan secara menyeluruh guna memastikan seleksinya tidak dikotori dengan kecurangan.

“Kita awasi bahkan saat penggandaan soalnya kita awasi sampai benar-benar dalam kondisi tersegel. Ini kita lakukan demi terpilihnya orang-orang yang berintegritas,” ujar Dumo.

Ssbanyak 142 peserta yang lulus seleksi administrasi mengikuti ujian tertulis. Dimana 134 orang tes di Kantor KPU Bintan serta 8 orang tes di Kantor Camat Tambelan. (oxy)

News Feed