by

Pengusaha Resort di Bintan Merugi, Ini Solusi Pemerintah

Bintan (HK) – Wabah virus corona membuat pengusaha resort dikawasan wisata Bintan merugi. Namun yang paling terasa pengelola resort dipesisir Pantai Trikora. Sebab, selama ini wisman China begitu mendominasi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bintan, Wan Rudi Iskandar, mengungkapkan, wisman yang masuk ke Bintan mengalami penurunan yang cukup signifikan terutama wisman dari China.

Ia mengatakan, biasanya rute pelayaran ferry Lagoi-Singapura setiap hari mengalami penambahan. Dari 8 trayek menjadi 11. Akan tetapi, sejak wisman China dilarang meninggalkan negerinya, kini kapal ferry yang mengangkut wisman dari Singapura pun berkurang.

“Biasanya itu kan 8 kali perjalanan ditambah 3 kali karena memang banyak wisman yang masuk ke Bintan. Tapi sekarang, perjalanannya tetap (8 kali), cuman 1 kapal itu tidak 100 persen. Paling hanya 60 persen,” tutur Wan Rudi, Jum’at (7/2).

Ia menyampaikan kalau kondisi beberapa resort terutama dipesisir Pantai Trikora begitu merasakan dampak wabah virus corona. Bahkan, beberapa resort terpaksa mengurangi pekerjanya agar tidak segera gulung tikar.

Wan Rudi mengatakan, saat ini pemerintah masih berusaha agar resort-resort yang terdampak bisa tetap eksis ditengah keterpurukan ekonomi imbas virus corona.

Salah satunya dengan mengajak pengusaha resort menawarkan paket-paket meeting agar bisa bekerjasama dengan lembaga pemerintahan.

“Supaya kegiatan-kegiatan bisa lah dilaksanakan disana. Sekarang mereka lagi mengatur paket-paketnya untuk disampaikan kepada kita,” ujarnya.

Selain itu, Wan Rudi juga menyampaikan kalau pemerintah pusat berencana akan mensubsidi tiket pesawat khusus kedaerah-daerah wisata seperti Bali, Batam dan Bintan. Hal ini dilakukan untuk menarik wisawatan domestik.

“Cuman teknisnya seperti apa belum tahu. Ini kabar yang kami dapat,” tukasnya. (oxy)

News Feed