by

Akhir Pekan Ini, Observasi WNI di Natuna Rampung

Masa observasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Wuhan, China, akan rampung akhir pekan ini, Sabtu (15/2/2020). Demikian dikatakan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

“Selesai observasi tanggal 15 Februari,” kata dia, di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Diketahui, 285 orang orang diobservasi di Natuna terkait Virus Corona. Mereka terdiri dari 237 WNI, satu WNA, lima orang tim Kementerian Luar Negeri, 18 orang pegawai Batik Air, dan 24 tim penjemput.

Terawan memastikan seluruh WNI itu nantinya diperbolehkan pulang ke daerahnya masing-masing.

Meski demikian, ia mengaku masih menggelar rapat koordinasi teknis untuk proses pemulangan WNI tersebut. Pasalnya, WNI itu memiliki domisili yang tersebar diberbagai daerah.

“Perlu dikoordinasi pakai pesawat apa, ke mana mereka? Karena punya alamat sendiri-sendiri,” kata dia.

Selain itu, Terawan menegaskan bahwa seluruh WNI yang kini menjalani masa observasi di Pulau Natuna dalam kondisi sehat. Sebab, mereka semua bisa kembali ke Indonesia dari Wuhan karena sudah lolos pemeriksaaan dan sudah dalam keadaan sehat.

Sebelumnya, Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Achmad Yurianto menyebut warga yang diobservasi itu akan dikumpulkan terlebih dahulu di Jakarta setelah masa observasinya rampung.

Masa 14 hari merupakan periode inkubasi virus asal Wuhan, China, itu. Jika tak menampakkan gejala hingga akhir masa inkubasi, warga yang diobservasi dianggap negatif Corona.*

(sumber: cnnindonesia.com)

News Feed