by

Sepekan Terakhir, Telor Langka di Natuna

Natuna (HK) – Sepekan terakhir ini, telor di Natuna telah mengalami kelangkaan. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Kelangkaan ini berdampak terutama pada pengusaha makanan yang ada di Natuna.

“Kondisi ini sudah seminggu. Sudah coba dicari kemana-mana, tak ada. Kata orang warung, telurnya langka,” tutur Alfa warga Air Kolek, Ranai, Selasa (11/2/2020).

“Kita berhari-hari nggak makan telor,” ujarnya lagi.

Pemerintah Kabupaten Natuna membenarkan kelangkaan tersebut dan diperkirakan keadaan itu berlangsung hingga pertengahan pekan ini.

“Ya betul, memang terjadi kelangkaan telur beberapa hari belakangan ini. Tapi Insya Allah, Rabu atau Kamis pekan ini, telur akan tiba di Ranai,” kata Kepala Disprindagkop Kabupaten Natuna, Agus Supardi.

Menurutnya, ada tiga faktor yang menyababkan terjadinya kelangkaan itu antara lain yang pertama adalah karena stok lama yang ada di pasaran cepat laku atau habis berhubung salah satunya diborong untuk kebutuhan tamu WNI yang dievakuasi dari Wuhan, Cina.

Kemudian, Kapal sabuk dari Sentete, Kalimantan Barat tidak bisa muat karena bersamaan dengan perayaan Cap Go Meh. Sementara kapal dari Tanjungpinang, Kepri mengalami kerusakan pada mesin gensetnya. Dan yang ketiga adalah karena telur merupakan barang cepat rusak sehingga pedagang tidak berani menyetoknya dalam jumlah besar. (fat)

News Feed