by

KPU Karimun Segera Umumkan Nama Anggota PPK

KARIMUN (HK)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimu perlahan-lahan mulai melaksanakan tahapan pemilihan Bupati Karimun 2020. Tahapan terakhir, KPU Karimun segera mengumumkan nama-nama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setelah melakukan tes wawancara yang berakhir pada 10 Februari 2020.

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, pihaknya telah melaksanakan rapat pleno yang dilakukan oleh Komisioner KPU Kabupaten Karimun tentang penetapan hasil seleksi tertulis calon anggota PPK pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri serta Bupati dan Wakil Bupati Karimun tahun 2020

Menurut Eko, berdasarkan rapat pleno, KPU Karimun menetapkan calon anggota PPK yang lulus seleksi tertulis sebagaimana tercantum dalam pengumuman nomor: 04/PP.05.3-PU/2102/KPU-Kab/II/2020. Dari 189 peserta yang mengikuti seleksi tertulis, sebanyak 114 peserta yang berhak mengikuti seleksi wawancara.

“Kami akan mengumumkan nama-nama anggota PPK pada 12 kecamatan di Karimun. Alhamdulillah tes wawancara sudah selesai dilaksanakan pada tanggal 10 Februari lalu. Wawancara dilaksanakan selama tiga hari. Sebelumnya juga sudah dilakukan tes terulis,” kata Eko Purwandoko, Rabu (12/2/2020).

Kata Eko, nama-nama anggota PPK itu paling cepat diumumkan lima hari setelah selesainya ujian atau pada 15 Februari 2020 ini. Menurut dia, jumlah anggota PPK yang akan diumumkan tersebut sekitar 60 orang atau masing-masing-masing kecamatan sebanyak 5 anggota PPK. Mereka akan diumumkan di website KPU Karimun dan juga di papan pengumuman kantor KPU Karimun.

“Sebelumnya yang menjalani tes wawancara masing-masing kecamatan sebanyak 10 orang. Namun, setelah dilakukan wawancara maka kami hanya menerima 5 orang di masing-masing kecamatan. Tapi pada saat ujian kemaren, ada 2 kecamatan yang tak sampai 10 orang pesertanya, namun tetap kita ambil 5 orang per kecamatan,” jelasnya.

Menurut dia, pada saat bersamaan ketika pengumuman nama-nama anggota PPK, KPU Karimun juga melakukan perekrutan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa dan kelurahan. Rekrutmen anggota PPS juga dimulai sejak 15 Februari dan akan terus sampai beberapa hari berikutnya. (ham)

News Feed