by

Lapas Batam Bakar Hasil Razia Selama 2019

Sagulung (HK) – Puluhan ponsel berbagai jenis serta kartu remi dan barang lainnya dimusnahkan petugas Lapas Kelas II A Batam, Kamis (13/2/20) pagi.

Diketahui, jika ponsel-ponsel serta barang lainnya adalah merupakan hasil sitaan dari ruangan sel selama tahun 2019 silam.

Pantauan di lapangan Lapas Batam, ponsel sitaan itu juga dibakar dihadapan para warga binaan dan tamu undangan ketika melakukan kegiatan di Lapas.

“Ponsel-ponsel ini disita dari ruang sel tahanan selama tahun 2019 lalu. Barang itu ditemukan di ruang tahanan, ada yang simpan di tumpukan baju dan di tempat-tempat yang tidak mudah ditemukan petugas,” ujar Kepala Lapas Kelas II A Batam, Misbahuddin, siang itu.

Selain ponsel, petugas lapas juga menyita puluhan charger, headset, kartu ATM hingga buku tabungan. Semuanya disita dari dalam sel tahanan.

Karenanya, lanjutnya, tak menutup kemungkinan ponsel yang ditemukan di sel digunakan untuk hal-hal yang dilarang menurut ketentuan yang berlaku. Seperti misalnya, aktivitas transaksi narkoba.

“Kita kan tidak tahu pasti digunakan untuk apa. Makanya kami akan tetap lakukan razia, bagaimanapun tidak boleh bawa ponsel ke dalam tahanan,” katanya.

Misbahuddin juga mengatakan, jika pihakya kemarin malam melakukan razia di blok warga binaan Lapas. Hasil razia tersebut, petugas masih menemukan 2 unit ponsel dari blok tahanan.

“Iya kemarin malam kami melakukan razia mendadak. Dari razia tersebut kita temukan 2 unit ponsel dari blok tahanan. Dan sudah musnahkan saat ini,” ujarnya lagi. (ded)

News Feed