by

Usep Siap Majukan KONI Kepri

  • Target Naik Peringkat PON Papua

Batam (HK) – Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) ProvinsiKepri, Usep RS siap memajukan KONI Kepri dan meningkatkan prestasi atlet di tingkat nasional. Target utama, naik peringkat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX Tahun 2020 ini di Papua, 20 Oktober – 2 November mendatang.

Tekat tersebut disampaikan Usep, yang maju pada pencalonan Ketua Umum KONI Provinsi Kepulauan Riau 2020 – 2024, yang dihelat, Sabtu (15/2) di Best Western Premier Panbil Hotel, Batam.

“Target kita terus naik peringkat. Tradisi KONI Kepri, setiap kali mengikuti PON terus naik peringkat. Di PON mendatang, kita juga targetkan naik peringkat dari sebelumnya PON ke XIX tahun 2016 lalu di Jawa Barat menempati peringkat ke-19, kita targetkan naik peringkat ke-15,” ujarnya.

Target itu sangat masuk akal, tidak muluk-muluk dikarenakan Kepri menyanggupi untuk itu. Kepri telah berhasil meloloskan 14 cabang olahraga di PON mendatang, hasil dari Pra PON 2019 dan Pekan Olahraga Wilayah Sumatera ke-X di Bengkulu tahun lalu.

Keempatbelas cabang olahraga itu yakni layar, tinju, sepaktakraw, biliar, catur, renang, aeromodelling, tarung derajat, wushu, muaythai, selam, menembak, pencaksilat, dan futsal. Adapun empat cabor lainnya, dansa sport, golf, woodball dan ski air, saat ini Pengurus Pusat masing-masing cabor mengupayakan untuk tetap dapat dipertandingkan di luar Papua.

“Kita sudah punya modal, 18 cabor tersebut, diandalkan untuk dapat menyumbangkan medali untuk Kepri, dan saya optimis akan hal itu,” kata Usep.

Langkah awal yang akan dilakukannya, begitu terpilih langsung menginstruksikan untuk pelaksanaan Pelatihan Provinsi (Pelatprov) di masing-masing cabang olahraga berupa training center (TC) berjalan hingga tiga bulan jelang keberangkatan, dilanjutkan dengan TC Penuh. Selain itu, pihaknya akan menjadwalkan adanya try in maupun try out untuk masing-masing cabang olahraga tersebut. “Bisa dalam negeri, bisa luar negeri (negara tetangga),” ucapnya.

Jika program ini dijalankan, Usep optimis apa yang menjadi target raihan medali pada PON Papua, Insyaallah tercapai. “Sederhana kan, tidak muluk-muluk,” jelasnya lagi.

Usep meyakini, keberangkatan atlet tanpa didukung dengan persiapan yang matang akan sia-sia.

“ Papua itu jauh, jadi kita bertarung ke sana harus lebih siap. Kesiapan itu mesti dimulai dengan TC, try out hingga berangkat dengan penuh semangat agar membawa pulang hasil yang maksimal,” cetusnya.

Untuk pencapaian hal tersebut, Usep tidak berjalan sendiri. Usep maju karena didukung hampir sebagian besar Anggota KONI Kepri yang punya hak suara dalam pemilihan. Terpenting lagi katanya, restu dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, DPRD Kepri dan tokoh-tokoh olahraga di provinsi ini didatangi.

“Kita butuh Pemprov yang menganggarkan, dan juga DPRD yang mengesahkan. Jadi, saya maju tidak hanya minta dukungan dalam pencalonan, tapi juga dukungan dalam penganggaran. Dan Alhamdulillah, semua mendukung,” katanya.

Tak hanya itu, pergaulan luas Usep dengan banyak kalangan, juga mendapat respon positif dari pihak swasta dan pengusaha, terutama yang selama ini membantu berbagai kegiatan motor sport digelar rutin tiga sampai empat event setiap tahunnya. “Saya tidak sendiri, banyak yang mendukung selain utamanya Anggota KONI Kepri selaku pemilik hak suara,” kata Usep.

Dengan Anggota KONI Kepri, Usep mendatangi langsung cabor-cabor dan tatap muka sekaligus menjaring aspirasi untuk kemajuan Kepri kedepan, utamanya dalam pencapaian prestasi yang menjadi tugas utama KONI Kepri. Selain di Batam, Usep juga turun langsung ke beberapa kota/ kabupaten diantaranya Tanjungpinang, Karimun, Bintan, Natuna dan Anambas.

“Alhamdulillah, mereka respon sangat bagus dan antusias,” katanya.

Dan bagi cabor yang belum berhasil lolos PON saat ini, Usep berjanji tetap menjalani pembinaan baik organisasi maupun prestasi. Aktifitas rutin ataupun agenda tahunan yang akan diikuti maupun diselenggarakan Anggota KONI Kepri, tetap dibantu seperti Rakernas, Rakornis, Munas, Rakerprov, Musprov, Kejurprov maupun Kejurnas.

“Semua Anggota KONI Kepri, tetap diperhatikan. Karena kewajiban KONI Kepri untuk membantu mereka. Hanya saja, kebutuhan yang berbeda antara cabor lolos PON dengan yang belum berhasil meloloskan atletnya. Akan tetapi, kebutuhan dasar organisasi akan kita penuhi,” papar Usep.

Dari apa yang disampaikan Usep, pihaknya minta restu, dukungan dan dapat dipilih Anggota KONI Kepri untuk memimpin KONI Kepri empat tahun kedepan. Karena niatnya maju semata untuk memajukan dunia olahraga prestasi khususnya di Kepri ini.

Pihaknya berharap Musorprov besok dapat berjalan lancar, karena ini semata pemilihan dalam organisasi olahraga, organisasi sosial masyarakat yang bukan organisasi profit. “Disini yang dimintakan hanyalah pengabdian dan berbuat sosial kemasyarakatan. Bukan ada kepentingan lain. Olahraga maju, prestasi terus meningkat, sudah membanggakan bagi kita. Karena melalui olahraga juga dapat mengangkat nama provinsi kita,” tutupnya. (r)

News Feed