by

Pulang dari Malaysia, Seorang Pria Langsung Diisolasi di RSBP Batam

BATAM (HK) — Seorang pria warga negara Indonesia (WNI) pulang dari Malaysia, langsung dimasukkan sementara waktu ke ruang isolasi demi keperluan observasi pihak medis di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Sekupang, Batam.

Hal itu langsung ditanggapi dikarnakan WNI tersebut mengeluhkan batul, pilek, demam, dan radang tenggorokan setelah pulang dari negara Jiran melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre, Kamis (13/2/20) kemarin.

Hingga saat ini, pasien tersebut langsung dalam pengawasan dinas kesehatan kota Batam. Karna untuk sementara waktu dari paparan penyakitnya bahwa pasien tersebut disampaikan mengarah pada paparan gejala virus corona atau Covid-19.

Kepada awak media, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, hingga saat ini pasien itu masih dalam tahap observasi dan dia belum bisa dijelaskan apakah itu suspect atau tak.

Masih kata Didi, awalnya terdapat 2 orang terdata dalam penangan serupa, keduanya sama-sama baru datang dari Malaysia. Hanya saja, 1 orang lagi, masih sebatas penanganan batuk semata, dan tak ada gejala demam dan hal lain.

“Awalnya ada 2 dalam penanganan medis yang sama, tapi 1 orang hanya sebatas batuk aja, yang lainnya berbeda dengan yang satunya lagi, karna demam, dan sakit tenggorokan,” ujar Didi, Jumat (14/2/20) siangnya.

Jadi, untuk satu orang tersebut saat ini telah dalam penangan medis di ruang isolasi RSBP Sekupang. Walaupun sejauh ini belum diketahui riwayat medisnya, hanya saja antisipasi dininya karena baru tiba di Batam dari Malaysia melalui pelabuhan internasional Batam Center.

“Justru itu perawatan medis tetap kita berlakukan sesuai standar operasional yang berlaku di RSBP ini,” tegasnya saat itu. (ded).

News Feed