by

Sekda Natuna Menekankan Penyelesaian Pelabuhan

Natuna (HK) – Natuna merupakan wilayah kepulauan, karenanya pelabuhan jadi suatu hal yang mutlak disediakan.

Demikian diungkapkan Sekda Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, pada acara Musrenbang Kecamatan Wilayah II di Gedung Madah Kencana, Kecamatan Pulau Laut, kemarin.

“Saya minta Dishub memberi perhatian pada pelabuhan yang belum selesai. Harap jadi prioritas,” tegasnya.

Ia mengatakan, hingga kini ada beberapa pelabuhan yang tersebar di sejumlah kecamatan belum rampung dibangun. Kelanjutan pembangunannya harus dipastikan dapat berlanjut.

“Termasuk di Pulau Laut ini, seingat saya ada dua pelabuhan yang belum siap seperti Pelabuhan Tanjung Pala dan Air Batu. Pembangunan ini harus tetap jalan walaupuan bertahap,” paparnya.

Kemudian di sisi pembiayaan, Ia mengingatakan dinas terkait agar tidak menggunakan APBD, karena dalam anggaran daerah banyak hal lain yang mesti dicover.

“Dan dalam pembiayaannya saya tekankan Dishub tidak terkonsentrasi pada APBD. Di pusat ada akumulasi dana sebesar Rp 1,3 triliun, dana ini muatannya DAK. Saya berharap dana ini dikejar secara intens,” tegas Siswandi.

Menurutnya, infrastruktur pelabuan itu menjadi penting karena keberadaanya merupakan bagian dari kebutuhan dasar masyarakat dan pembangunan.

“Kalau pelabuhan-pelabuhan ini sudah jadi, banyak hal yang bisa diperbuat oleh masyarakat. Dan program konektifitas pemerintah dapat terwujud maksimal. Ini keperluan kita semua,” tuntasnya. (fat)

News Feed