by

Transformasi Pelabuhan Batu Ampar Siap Tampung 6 Juta TEUs

BATAM (HK) – PT Pelindo II bersama Badan Pengusahaan (BP) Batam siap melakukan transformasi Pelabuhan Batu Ampar dalam waktu dekat. Dimana pelabuhan internasional ini nantinya akan dirancang menjadi pusat logistik.

Direktur Utama PT Pelindo II, Elvyn G Masassya mengatakan, kerja sama PT Pelindo II dengan BP Batam untuk mengembangkan Pelabuhan Batuampar sudah tertuang dalam perjanjian kerja sama BP Batam dengan Pelindo II pada Januari 2020 lalu.

“Sebagaimana kesepakatan kerjasama ini adalah arahan langsung dari pemerintah pusat semasa periode bapak Jusuf Kalla,” ungkap Elvin dalam konferensi persnya di Gedung Marketing center BP Batam, Rabu (22/2/2020) sore.

Dikatakan, pengembangan kapasitas Pelabuhan Batuampar akan dimulai dari dermaga utara, mengingat dermaga tersebut belum optimal. Selama ini aktivitas termasuk bongkar muat peti kemas berlangsung di dermaga selatan.

“Jadi pengerjaan di utara tidak akan mengganggu aktivitas pelaku usaha yang sudah berjalan di dermaga selatan,” jelasnya.

Untuk bersaing dengan Singapura, Pelindo II akan berkerja sama operatir di dermaga selatan dalam peningkatan kapasitas infrastruktur dan standarisasi peralatan maupun perangkat di pelabuhan.

Dibeberkan, dalam pengembangan pelabuhan ini, ada tiga tahap dengan target selama kurun waktu 8 tahun pengerjaan.

Tahap pertama nantinya, Pelindo II bersama Wika akan melakukan pendalaman alur dermaga 12 meter agar lebih banyak kapal yang datang hingga kapal-kapal raksasa.

“Mengingat selama ini kapasitas pelabuhan hanya mampu menampung 300-500 rb Twenty foot Equivalent Unit (TEUs), maka, diharapkan setelah adanya revitalisasi, pelabuhan ini bisa menampung 600 – 800 ribu Teus yang ditargetkan selesai akhir Desember 2020.

Untuk fase dua masuk dalam tahap pengembangan yakni pelebaran dermaga dan peningkatan infrastruktur, dan fase tiga adalah pengembangan berkelanjutan dengan target bisa menampung hingga 6 jt Teus dengan luar area 92 Ha.

Untuk nilai investasi pengembangan Pelabuhan Batuampar Batam pada fase pertama mencapai Rp400 miliar hingga Rp1,5 triliun

Sementara itu, Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto mengatakan pengembangan Pelabuhan Batuampar Batam yang dimulai pada Maret tahun ini merupakan amanah dari pemerintah.

“Sebagaimana, komitmen untuk mengembangkan pelabuhan tersebut juga telah disepakati bersama oleh BP Batam dan Pelindo II atas arahan pemerintah” jelas Purwiyanto.(Bob)

News Feed