by

Gelar ManCity Terancam Dicabut, Apa Sebab?

Manchester City dalam masalah besar usai UEFA menjatuhkan sanksi dua tahun larangan tampil di kompetisi Eropa dan denda 30 juta euro. Namun masalah tidak berhenti sampai di situ.

Menurut Daily Mail, terbuka peluang gelar ManCity yang diraih pada 2014 akan dicabut. Meski hal tersebut masih membutuhkan penyelidikan lebih mendalam.

Dengan hukuman dari UEFA yang menganggap ManCity telah melanggar aturan financial fair play dengan memanipulasi data keuangan sejak 2012 hingga 2016, maka pihak Premier Leagye kemungkinan juga akan membuka penyelidikan.

Nah, bila terbukti bersalah dan melanggar aturan dari Premier League, sesuai regulasi yang ada, maka ManCity bisa dikenai sanksi pengurangan poin. Kebetulan, sesuai laporan UEFA, mereka disangkakan melakukan pelanggaran pada 2012 sampai 2016, dan di 2014 The Citizens meraih gelar.

Jika demikian, terbuka peluang poin yang diraih ManCity untuk mendapatkan gelar akan dikurangi. Tergantung jumlahnya, bila lebih dari tiga angka, maka gelar mereka akan dicabut dan diberikan kepada Liverpool yang finis tepat di bawahnya kala itu.

Andai itu menjadi kenyataan, maka sungguh beruntung Liverpool. Dalam satu musim ini mereka bisa mendapatkan dua gelar. Pertama dari hibah atas sanksi ManCity dan kedua melalui perjuangan di musim ini.

Terkait sanksi sendiri, ManCity masih berupaya membela diri. Mereka akan mengajukan banding kepada CAS.

Musim ini ManCity juga masih punya peluang mengukir sejarah di Liga Champions. Mereka tetap diperbolehkan melanjutkan kiprah pada fase knock out. *

(sumber: vivanews.com)

News Feed