by

Nelayan Keluhkan Bangkai Kapal Karam di Perairan Jembatan II Barelang

Barelang (HK) – Karamnya kapal yang diduga ilegal fishing di perairan Jembatan II Barelang menyisakan persoalan pada nelayan sekitar.

Pasalnya, bangkai kapal mengganggu kapal yang akan melintas dari perairan tersebut.

“Sejak ada bangkai kapal yang karam itu, kapal musti berhati-hati untuk melintas,” ungkap Ida Siregar, warga sekitar, Minggu (16/2/20) siang.

Menurutnya, ketika ada kapal lain yang ukuran besar melintas, maka memperlambat kapal dan merusak memandang serta ekosistem biodata laut.

“Sudah 5 hari kapal itu hampir tenggelam. Belum ada tindakan dari pemerintah. Bahkan sangat membayahakan bagi kapal lainnya. Sebab takutnya menghantam bangkai kapal tersebut,” lanjutnya.

Tampak terlihat kapal yang karam terlihat di permukaan air, sedangkan paling besar berada di dalam laut membuat akitivitas masyarakat tak lancar.

“Adanya bangkai kapal tersebut, aktivitas warga atau nelayan setempat tidak lancar. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan di malam harinya, warga setempat pun memasang lampu diatas bangkai kapal untuk pertanda adanya bangkai kapal karam,” katanya Udin, nelayan setempat.

Adanya bangkai kapal karam, warga serta nelayan setempat berharap kepada pemerintah melalui dinas terkait agar segera mengambil tindakan seperti menarik atau evakuasi bangkai kapal. Jangan menunggu sampai ada korban tabrak karam tersebut. (ded)

News Feed