by

Razia Cipkon, Polisi Karimun Dapati Belasan Remaja Pacaran di Tempat Umum

Karimun (HK) – Sebanyak 15 personil gabungan Polres Karimun melaksanakan razia Cipta Kondisi (Cipkon) dengan menyisir sejumlah titik yang dianggap rawan tindak kejahatan, Sabtu (15/2/2020) malam. Razia yang dilaksanakan dengan cara mobile tersebut menemukan belasan pasang remaja yang bebas berpacaran di tempat umum.

Cipta Kondisi tersebut dipimpin Kanit Reskrim Polsek Balai Karimun, AKP Ribut Rawit. Dikatakan, kegiatan Cipta Kondisi dilaksanakan untuk menciptakan Siskamtibmas yang aman dan kondusif dalam rangka memberantas kejahatan jalanan dan penyakit masyarakat.

Apabila ditemukan adanya pelanggaran silahkan amankan dan dibawa ke Polsek Balai Karimun atau Mapolres Karimun. Jangan lakukan tindakan Kepolisian yang kontra Produktif sehingga dapat mencemar nama baik kepolisian.

Pada kesempatan itu, Ribut Rawit membagi tugas timnya dengan menelusuri Jalan Trikora, Jalan Nusantara, rumah liar di Jalan Telaga Riau, taman hijau depan RSUD M Sani, kemudian menyisiri sepanjang Jalan Coastal Area Tanjungbalai Karimun. Petugas juga menemukan masyarakat yang tidak tertib dalam berlalulintas.

“Razia Cipkon kali ini, kami masih banyak menemukan masyarakat yang tidak tertib dalam berlalu lintas. Kami juga menemukan beberapa orang remaja yang duduk dan berpacaran di tempat umum. Selain itu, masih banyak ditemukan pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm dan knalpot racing,” ungkap Ribut Rawit.

Dalam razia itu, polisi melakukan pemeriksaan badan dan barang bawaan remaja yang berkumpul. Polisi juga menghimbau kepada masyarakat khususnya para remaja agar tidak melakukan tindakan asusila. Memberitahukan kepada masyarakat khususnya para remaja agar tidak menggunakan knalpot racing dan melakukan kegiatan balapan liar di jalan umum.

Kata Ribut Rawit, kegiatan Cipkon tersebut bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta menciptakan Sitkamtibmas yang kondusif dalam rangka pemberantasan kejahatan jalanan dan penyakit masyarakat dengan sasaran Senjata tajam, narkoba, miras, bahan peledak dan bahan mencurigakan lainnya yang dibawa oleh pengendara kendaraan bermotor.

Sekitar pukul 23.00 Wib dilakukan apel konsolidasi di Mapolsek Balai Karimun yang kembali dipimpin Kanit Reskrim Polsek Balai Karimun, AKP Ribut Rawit. Dalam kesempatan itu, dia mengatakan, titik yang menjadi sasaran razia bersama Polres Karimun masih banyak masyarakat khususnya remaja yang nongkrong di jalanan.

Sementara, Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono menambahkan, patroli yang dilakukan setiap Sabtu malam merupakan kegiatan rutin yang dilakukan jajarannya setiap akhir pekan. Tujuannya, untuk menekan angka terjadinya tindakan pidana, bahkan untuk mencegah tidak terjadinya tidak pidana sama sekali.

“Tujuan kami melaksanakan operasi Cipta Kondisi ini agar Karimun dapat aman dan tertib, sehingga masyarakat dalam menikmati malam minggu dengan rasa aman dan nyaman. Sebagaimana kita ketahui, tingkat keramaian jauh meingkat jika dibandingkan dengan malam-malam biasanya, jadi perlu dilakukan pengamanan yang ekstra pula,” pungkas Budi. (ham)

News Feed