by

Senin Besok, Pengurus Fardhu Kifayah Kota Batam Dikukuhkan

Batam (HK) – Pengurus Fardhu Kifayah Kota Batam akan dikukuhkan oleh Walikota Batam, HM Rudi, di Sahid Hotel Batam Center pada hari, Senin (17/2/2020).

Ketua Panitia Pengukuhan Pengurus Fardhu Kifayah Kota Batam, Perwira Gatra, mengatakan pembentukan pengurus Fardhu Kifayah ini tercetus dari pemikiran Walikota Batam, HM Rudi. Tujuannya memberikan pelatihan dan pendidikan bagi yang belum tahu tentang penyelanggaraan jenazah.

“Tupoksinya akan memberikan pelatihan fardu kifayah dari tingkat kecamatan hingga kelurahan dilatih secara kolektif yang tiap masjid mengirimkan 4 orang perwakilan. Dengan target 1.000 orang dilatih untuk tahun ini,” ujar Perwira saat mempersiapkan acara pengukuhan pengurus Fardu Kifayah Kota Batam, Sabtu (15/2/2020).

Dengan banyaknya orang yang memahami tata cara fardu kifayah/memandikan jenazah dengan baik dan benar, kata Perwira, maka, akan memberi nilai positif dalam kehidupan sosial masyarakat.

“Apalagi bila terjadi bencana alam yang memakan korban, tentunya tidak susah payah mencari orang yang mengerti akan fardhu kifayah tersebut,” ujar Perwira.

Dia mengambi contoh saat bencana tsunami di Aceh pada 2005 lalu. “Saat itu korban sangat , banyak. Kondisi tersebut tentunya membutuhkan penanganan jenazah yang harus disegerakan,” jelasnya.

Dia menerangkan, dari 136 pengurus Fardhu Kifayah yang akan dikukuhkan, sebanyak 80 orang pengurus dan lainya dijadikan koordinator di tingkat kecamatan.

“Karena dari pengurus tersebut diambil dari masjid-masjid, BMG, TPQ, IPIM, dan oraganisasi Islam lainnya yang telah terbiasa menangani pengurusan jenazah. Target kita semakin banyak orang yang mengerti mengurus jenazah akan semakin baik,” ujarnya.

Perwira juga berharap, Pemerintah Kota Batam dapat menganggarkan dana untuk program fardhu kifayah ini setiap tahunnya, karena cukup banyak program yang akan diadakan, seperti seminar yang berkelanjutan tentang bekal sebelum kematian, pendampingan petugas fardhu kifayah yang di masjid-masjid, dan banyak kegiatan lainnya yang telah terprogram.

“Mungkin kedepannya, Pardhu Kifayah akan bekerjasama dengan seluruh perusahaan di Kota Batam untuk pengurusan jenazah secara gratis bagi karyawan yang tidak mampu,” ucap Gatra lagi.

Saat ini Sekretariat Pardhu Kifayah Kota Batam beralamat di Masjid Agung Kota Batam. (r)

News Feed