by

Dua Kali Kebakaran, Petugas Damkar di Bintan Berjibaku Melawan Api

Bintan (HK) – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di wilayah Bintan, kali ini kobaran api menghanguskan lahan yang berada dekat Dam Gesek Km 21 Kelurahan Toapaya Asri dan lahan di belakang Kantor Desa Gunung Kijang, Senin (17/2/2020) siang.

Petugas damkar dari UPT Toapaya dibantu Tim Satgas Karhutla pun harus berjibaku dengan api untuk dijinakkan. “Pertama kita berhasil madamkan yang didekat dam, tak lama alarm berbunyi lagi kebakaran dibelakang kantor Desa Gunung Kijang,” ungkap Kepala UPT Damkar Toapaya, Nurwendi.

Ia memperkirakan masing-masing lokasi yang terbakar seluas 1 hektare (Ha). Sejauh ini, belum diketahui penyebab kebakaran.

“Sudah sering terjadi di Bintan sejak bulan Januari 2020 kemarin hingga saat ini, sudah tergolong banyak lahan yang terbakar,” ungkapnya.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan membuka lahan dengan cara membakar. Bahkan, Nurwendi menegaskan, ada sanksi pidana bila ketentuan itu dilanggar.

“Sudah ada beberapa contoh kasus, gara-gara bakar sampah terus merembet ke hutan akhirnya diproses oleh polisi. Jadi kami imbau supaya tidak sembarangan membakar apapun,” imbuhnya. (oxy)

News Feed