by

Menkes Akan Jemput 78 WNI di Kapal Pesiar Jepang

JAKARTA (HK) – Jumlah penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang positif virus corona COVID-19 telah mencapai 355 orang. Di dalam kapal pesiar tersebut, terdapat sekitar 78 WNI yang menjadi Anak Buah Kapal. Sampai saat ini disebut bahwa mereka dalam keadaan sehat.
Untuk rencana penjemputan, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyebut pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan. Jika negatif, Menkes akan menjemput mereka untuk dipulangkan.

“Untuk di Yokohama kebetulan saya bersama protokoler Kemenlu tunggu hasil PCR-nya. Kalau itu negatif, saya juga akan ke sana mengecek dan menjemputnya,” tutur Menkes Terawan di Kantor Staf Presiden, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

Meski demikian, Menkes akan melakukan koordinasi dahulu dengan ototitas kesehatan setempat. Ia juga menyebut pemerintah menunggu hasil resmi pemeriksaan dari Kementerian Kesehatan Jepang beserta surat keterangan yang menyatakan WNI di sana dalam keadaan sehat sebelum dipulangkan.

“Kami butuh sertifikasi sehingga kalau di sini nanti sehat ngapain diobservasi lagi? Sudah cukup kalau sehat. Karena itu dipastikan lagi apakah diperkenankan untuk melakukan pengecekan dan penjemputan,” pungkasnya.(sumber:detik.com)

News Feed