by

Isdianto Pastikan Kesiapan Lokasi MTQ

TANJUNGPINANG (HK)- Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.TS. Arif Fadillah, meninjau secara langsung kesiapan lokasi untuk penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020 di Gurindam 12, Tepi Laut Tanjungpinang, Senin (17/02).

Turut ikut pada peninjauan kali ini Asisten Ekonomi dan Pembangunan  Syamsul Bahrum, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Abu Bakar, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Mahyudin, Kepala Biro Umum Martin Maromon, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Aiyu,  Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Misbardi serta Plt. Kepala Biro Humas Protokol dan Penghubung Zulkifli.

Peninjauan ini dilakukan oleh Isdianto untuk memastikan dan mengecek secara langsung kesiapan pekerjaan di lapangan untuk iven akbar MTQ. Dalam arahan langsungnya kepada kepada OPD yang terlibat untuk kesiapan arena MTQ, Isdianto berharap agar pengerjaan arena MTQ agar dapat digesa sebelum pembukaan MTQ Kepulauan Riau pada 11 April 2020 nantinya.

“Waktu kita dalam persiapan ini tidak lama lagi, sekitar satu bulan lebih. Oleh karena itu saya harap pekerjaan ini cepat selesai. Maksudnya cepat selesai adalah supaya kita punya waktu untuk memperbaiki dan membenahi hal-hal yang kurang pas. Jangan sampai besok mau pembukaan MTQ, malamnya baru kita finishing pekerjaan, pasti tidak akan maksimal nantinya,” pinta Isdianto.

Terkait pelaksanaan MTQ ini, Isdianto menjelaskan bahwa area Gurindam 12 ini setelah dibangun sempurna dapat menampung lebih kurang 10.000 undangan dengan luas sekitar 1,5 hektar. Sedangkan untuk pelaksanaan nantinya akan diundang sekitar 5.000 orang.

“Jadi Gurindam 12 ini cukup respresentatif untuk acara MTQ nantinya. Dengan area yang luas kami berharap bahwa masyarakat yang hadir bisa tertampung semua di tenda-tenda yang telah disediakan sehingga masyarakat tidak ada yang duduk di luar tenda serta berdesak-desakan,” jelasnya.

Kepada seluruh masyarakat Kepri Isdianto berharap dukungannya agar persiapan dan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kepulauan Riau dapat berjalan dengan skedul yang telah ada, dan pada pembukaan nantinya dapat berlangsung dengan sukses.

“Kami mohon doa dan dukungan semua warga Kepri agar mendoakan semua yang terlibat dalam pekerjaan ini sellu diberikan kesehatan sehingga rencana mulai yang telah kita agendakan bisa berjalan dan diridhoi oleh Allah SWT,” harap Isdianto.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan RiauH. TS. Arif Fadillah di kesempatan yang sama mengatakan dengan dibangunnya lokasi Gurindam 12 ini, nantinya bisa jadi area baru bagi warga Kepri untuk melakukan berbagai kegiatan besar dan sebagai tempat untuk menyalurkan bakat dan ekspresi seni.

“Lokasi ini kalau sudah jadi bakalan bagus dan bermanfaat bagi semua. Dengan daya tampung yang besar bisa kita selenggarakan iven-iven seperti tabligh akbar, buat penampilan atau hiburan di sini sehingga tidak perlu bayar tempat lagi,” ujar Arif.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Abu Bakar dalam penjelasannya kepada Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto menyampaikan bahwa lahan yang ada saat ini akan siap pada awal Maret 2020 sehingga bisa dilanjutkan pembangunan Astaka. Mendengar penjelasan tersebut Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Mahyudin melaporkan bahwa pada 04 Maret 2020, timnya sudah bisa bekerja dalam pembuatan astaka dan diperkirakan akan selesai pada 04 April 2020, sehingga semuanya telah siap pada pembukaan MTQ nantinya.

Terkait kesiapan tenda acara, Kepala Biro Umum Martin Maromon selaku penanggung jawab dalam laporannya mengatakan bahwa tenda akan dipasang pada pertengahan Maret 2020, karena pemasangan tenda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu.

“Untuk tenda nantinya akan dibuatkan dengan struktur penguncian sehingga tahan akan hembusan angin serta cuaca yang ekstrim,” jelas Martin. (r/and)

News Feed