by

Siswa SPN Polda Kepri di Polsek Balai Patroli Jalan Kaki

KARIMUN (HK)-Siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kepri yang melaksanakan latihan kerja di Polsek Balai Karimun senantiasa melakukan pendekatan diri kepada masyarakat setempat. Setelah melaksanakan gotong royong dan peduli kepada anak-anak rumah singgah, kali ini mereka melaksanakan patroli jalan kaki sambil basembang bercerite.

Berangkat dari Mapolsek Balai Karimun yang berada di kawasan pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Kamis (20/2/2020) pagi, sebanyak 12 siswa SPN Polda Kepri mulai patroli jalan kaki dengan menyusuri jantung Kota Tanjungbalai. Dimana ada titik keramaian, mulai dari kedai kopi, cafe hotel hingga di pasar Karimun mereka akan berhenti.

Banyak hal yang disampaikan para siswa itu ketika tengah bercengkerama di tengah-tengah masyarakat. Mulai dari menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas hingga mengharapkan terjalinnya soliditas dan toleransi antar umat beragama di Tanjungbalai Karimun, sehingga tercipta kerukunan dan ketenangan umat.

“Para siswa SPN Polda Kepri tersebut terus melakukan kegiatan yang bermanfaat. Hari ini mereka melakukan patroli jalan kaki sambil basembang bercerite kepada masyarakat. Mereka berjalan kaki dari Mapolsek hingga ke pasar tradisional,” ungkap Kapolsek Balai Karimun, AKP Budi Hartono.

Menurut dia, para siswa itu juga meminta masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial (medsos). Mereka meminta agar masyarakat tidak melakukan tindakan apapun yang bertentangan dengan hukum baik langsung maupun di media sosial. Sebab, sudah banyak kasus pidana yang berawal dari kesalahan dalam menggunakan medsos.

Kata Budi, ada beberapa hasil yang dicapai dari kegiatan yang dilaksanakan siswa tersebut, mulai dari terjalinnya silaturahmi Kamtibmas yang baik antara Polri dengan masyarakat Kecamatan Karimun. Dari pembicaraan dengan masyarakat, ternyata warga paham atas himbauan agar tidak mudah terprovokasi tentang informasi terkait intoleransi dan literasi terhadap masyarakat.

“Para siswa ini merupakan cikal bakal personel kepolisian yang efektif dan kelak akan menghadapi berbagai tantangan seperti yang Polri sekarang hadapi. Mereka juga melaksanakan kegiatan yang sedang kekinian, mampu dan bisa menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas sehingga dapat mengajak masyarakat untuk ikut menjaga Harkamtibmas,” jelasnya.

Sehari sebelumnya, para siswa itu memberikan motivasi kepada anak-anak rumah singgah di Kolong, Kelurahan Sungai Lakam Barat, Kecamatan Karimun. Mereka nampak bercengkerama sambil bercerita kepada anak-anak yang tinggal di bekas bangunan Pasar Telaga Mas, Kelurahan Sri Lakam Barat tersebut. Anak-anak tersebut dikumpulkan di sebuah lapangan, kemudian mereka diberikan motivasi.

“Siswa SPN Polda Kepri melaksanakan latihan kerja di polsek-polsek Pulau Karimun. Untuk Polsek Balai Karimun jumlahnya sebanyak 12 orang. Mereka sudah sekitar satu minggu ini melaksanakan latihan kerja. Sudah banyak yang mereka kerjakan selama disini. Kemungkinan pekan depan tugas latihan kerja mereka berakhir,” pungkas Budi. (ham)

News Feed