by

Mahasiswa Ikuti Pendidikan dan Latihan Militer di Kodim Batam

BATAM (HK) – Sebanyak 36 mahasiswa dari 9 Perguruan Tinggi di Kepri ikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diksar) Militer Resimen Mahasiswa Mahabahari di Kodim 0316/Batam.

Adapun materi pendidikan yang akan diikuti selama pelatihan diantaranya yaitu pengenalan matra darat, laut dan udara. Pengetahuan tekni tempur dasar, pendidikan jasamani militer dan pengetahuan senjata ringan.

“Mahasiswa itu tidak hanya sekedar pintar tapi juga harus memiliki spirit belanegara,” ucap Asisten ll Bidang Ekonomi Sekretariat Daerah Provinsi Kepri, Syamsul Bahrum saat upacara pembukaan Diksar Menwa Kepri angkatan XII tahun 2020 itu, Jumat (21/2/2020) di lapangan upacara Makodim 0316/Batam.

Dikatakan Syamsul, TNI adalah garis terdepan dalam pertahanan, Polisi garis terdepan dalam keamanan dan para mahasiswa calon adalah calon regenerasi penerus bangsa ini kedepannya.

“Rata-rata orang yang jadi pemimpin itu sebagian besar adalah orang-orang yang pernah ikut pelatihan belanegara, yakni pendidikan yang sifatnya militansi membangun spirit bahwa kita tidak hanya bekerja keseharian tapi juga memiliki mentalitas kenegaraan,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam, Letkol Inf Ahmad Daud Harahap mengatakan, dia berharap latihan yang akan dilaksanakan oleh Menwa tersebut bisa berjalan dengan baik.

Pelatihan itu adalah sebagai sarana meningkatkan rasa cinta pada tahan air dan belanegara. Latihan tersebut adalah merupakan kegiatan positif.

“Mahasiswa itu adalah suatu bagian komponen masyarakat yang terpenting dalam menjaga dan memantau kegiatan pembangunan pemerintah, yakni mengkritisi. Tapi dalam mengkritisi itu harus dengan cara positif,” ungkapnya. (dam)

News Feed