by

Tiga Monumen Melayu Kembali Kinclong

BATAM (HK) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam membersihkan monumen melayu yang berada di tiga lokasi, Jumat (21/2/2020).

Monumen tersebut diantaranya Monumen Peralatan Upacara Tradisi Melayu, di Sekupang, Monumen Alat Musik Tradisional Melayu di Batam Centre dan Monumen Peralatan Hantaran Kebudayaan Melayu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata mengatakan agenda gotong royong itu sengaja dilaksanakan sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemko) Batam merawat monumen melayu ini.

Dibangunnya tiga monumen itu dalam rangka pelestarian nilai-nilai budaya melayu. Kegiatan gotong royong membersihkan monumen wajib dilakukan sehingga monumen-monumen di Kota Batam tetap terpelihara.

“Kita merawat sehingga menjadi bagus dan tetap terawat. sesuai Perda Nomor 1, Tahun 2018 tentang pemajuan kebudayaan melayu,” ucap Ardiwinata.

Dikatakannya, Selain Disbudpar Kota Batam, Gotong royong itu dinas terkait turut membantu penyediaan air dan peralatan kebersihan.

“Bantuan cangkul, gulma dan air dibantu DLH (Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam) sedangkan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) membantu mendatangkan air untuk membersihakan monumen tersebut,” bebernya.(dam)

News Feed