by

Pimpinan OPD Pemkab Karimun Tandatangani Perjanjian Kinerja

KARIMUN (HK)-Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengharuskan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menandatangani perjanjian kinerja setiap awal tahun anggaran. Perjanjian kinerja itu menjadi tolok ukur bagi seluruh pimpinan OPD untuk bekerja dan merupakan evaluasi bagi bupati.

Pada tahun anggaran 2020 ini, perjanjian kinerja pimpinan OPD Pemkab Karimun dilaksanakan di ruang rapat Cempaka Putih, Kantor Bupati Karimun, Sabtu (2/2/2020). Sebanyak 40 pimpinan OPD Pemkab Karimun menandatangani perjanjian kinerja yang disaksikan Bupati Karimun Aunur Rafiq dan wakilnya Anwar Hasyim.

Aunur Rafiq mengatakan, penandatanganan perjanjian kinerja merupakan suatu kewajiban yang dilakukan oleh Kepala OPD. Perjanjian kinerja itu harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh selama satu tahun dalam menjalankan jabatan sebagai pimpinan OPD. Tentu saja, sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati yang menjabat saat ini.

“Seluruh pimpinan OPD majib menandatangani perjanjian kinerja. Karena itu merupakan tugas pokok dan fungsi masing-masing Kepala OPD. Mereka harus menjalankan semua item yang tertuang dalam perjanjian kinerja tersebut. Tentu saja, itu menjadi tolok ukur bagi kami dalam menilai kinerja mereka,” ungkap Aunur Rafiq.

Perjanjian kinerja itu juga sebagai bentuk komitmen dalam melaksanakan kegiatan yang tertuang dalam APBD Karimun setiap tahun anggaran. Sebab, dalam APBD Karimun tersebut masing-masing OPD diberikan pagu anggaran berdasarkan usulan dan harus diimplementasikan sesuai dengan nomenklaturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rafiq juga menyampaikan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP). Bupati Rafiq menyebut, Kabupaten Karimun berhasil mendapatkan nilai baik dengan prideket BB. Begitu juga dengan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), terbaik di tingkat Provinsi Kepri. Keberhasilan ini atas semua kerja keras Pimpinan OPD.

“Semua prestasi dan nilai baik yang dicapai Pemkab Karimun ini merupakan atas kerja keras dan keseriusan seluruh pimpinan OPD serta seluruh aparatur dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsi sebagai abdi masyarakat. Kita berharap, prestasi ini bisa terus ditingkatkan,” jelasnya.

Saat kegiatan penandatanganan perjanjian kinerja 2020 tersebut, Aunur Rafiq menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2020 . Penyerahan DPA 2020 tersebut dilakukan Bupati Aunur Rafiq dan Wabup Anwar Hasyim kepada masing-masing pimpinan OPD, mulai dari kepala dinas hingga camat. (ham)

News Feed