by

HUT ke-50 IKMR, Basko: Kita Wajib Membangun Riau

Pekanbaru (HK)- Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Basrizal Koto mengajak masyarakat Riau asal Ranah Minang untuk berkontribusi membangun Provinsi Riau. Sebab, hal ini sesuai dengna filosofi IKMR.

Hal itu dia sampaikan saat menyampaikan sambutan dalam acara perayaan HUT ke-50 IKMR, Senin (24/2/2020) di lapangan Purna MTQ Pekanbaru.

Basko yang merupakan pengusaha asal Pariaman ini telah menjabat Ketua IKMR selama 20 tahun.

Dia mengatakan, dulu paguyuban ini bernama Ikatan Keluarga Sumatra Barat (IKSB). Kemudian pada tahun 2000 IKSB diubah menjadi IKMR. Nama IKMR sendiri usulan dari Budayawan Wan Ghalib dan Tenas Efendy.

“Kenapa namanya IKMR, karena kita orang Riau yang bersuku Minang, kita wajib membangun di negeri Riau, itu filosofinya,” kata Basko.

Menurut Basko, di usia emas 50 tahun IKMR telah berkembang menjadi organisasi luar biasa, dan banyak anggotanya sukses di berbagai bidang profesi. Bahkan, setiap lima tahun sekali beberapa pengurus IKMR sukses menjadi anggota dewan di DPR RI, begitu juga di DPRD kabupaten dan provinsi.

“Pada tahun 2000 ketika saya menjabat ketua IKMR, saya keliling daerah-daerah se-Provinsi Riau. Ketika itu dunsanak kita di daerah-daerah malu mengakui diri sebagai orang Minang, mereka tidak mempunyai karakter diri, di situ saya memulai, bahwa Minang itu suku kita, dan kita adalah orang Riau,” kata Basko

Selain itu, Basko menyebutkan, pada tanggal 16 Maret mendatang IKMR akan menggelar Mubes untuk memilih ketua IKMR yang baru. Dia berharap akan muncul kader-kader tangguh pengganti dirinya dari 54 kepengurusan IKMR se-Provinsi Riau.

“Saya hampir 3 tahun kurang aktif di Riau, semoga ke depannya IKMR tetap jaya, kuat, dan menyatukan generasi minang,” ucap Basko.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubenur Sumatra Barat Nasrul Abit berpesan kepada seluruh masyarakat Riau asal Sumbar agar senantiasa menjunjung tinggi adat istiadat yang ada di Riau.

“Sama-sama kita ketahui, bahwa 35 persen warga Riau itu berasal dari Sumbar, tapi mereka sudah menjadi penduduk Riau. Karena berpuluh-puluh tahun yang lalu, kedua provinsi yang bertetanggaan ini memang sudah memiliki kedekatan yang baik. Ini harus kita jaga,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar, berharap IKMR dapat meningkatkan kekompakan dan kebersamaan. Menurutnya berbagai peran strategis di Bumi Lancang Kuning juga dipegang oleh putera-putera tebaik asal ranah Minang.

“Kami memberikan apresiasi kepada masyarakat, tokoh-tokoh, dan para ulama yang berasal dari Tanah Minang karena kiprah dan sumbangsinya dalam membangun Provinsi Riau,” kata Syamsuar yang pada kesempatan itu membuka bazar sempena HUT IKMR.

Acara itu turut dihadiri sejumlah tokoh dari IKMR dan tamu khusus dari Sumbar, di antaranya Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Bupati Agam, Wakil Wali kota Payakumbuh, politisi sekaligus pengusaha Edy Tanjung. (riaumandiri.id)

News Feed