by

Minat Masyarakat Jadi Anggota PPS di Karimun Rendah

KARIMUN (HK)-Pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun ternyata kurang diminati masyarakat. Untuk mencukupi jumlah calon PPS yang diharapkan, maka KPU Karimun memperpanjang jadwal pendaftaran PPS hingga Kamis (27/2/2020) ini.

“Pendaftaran PPS memang sepi peminat. Dari tiga hari pertama yang berakhir pada 25 Februari akhirnya kami perpanjang hingga 27 Februari 2020 ini. Mudah-mudahan saja dengan adanya perpanjangan ini, jumlah yang mendaftar juga makin bertambah,” ungkap Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko.

Menurut Eko, jumlah PPS di Kabupaten Karimun sebanyak 213 orang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari 71 kelurahan dan desa di Kabupaten Karimun dikalikan 3 orang masing-masing kelurahan dan desa. Sebab, masing-masing kelurahan dan desa diisi oleh 3 orang anggota PPS.

“Jumlah anggota PPS yang akan kita rekrut sebanyak 213 orang atau masing-masing kelurahan dan desa diisi oleh 3 orang PPS. Namun, untuk pendaftaran ini kita membutuhkan pendaftar 2 kali lipat dari jumlah PPS yang akan direkrut. Artinya, masing-masing kelurahan dan desa diharapkan 6 orang pendaftar,” tuturnya.

Eko tidak mengetahui pasti penyebab rendahnya minat masyarakat untuk menjadi anggota PPS. Namun, dirinya hanya menduga rendahnya partisipasi warga yang mendaftar sebagai anggota PPS tersebut kemungkinan berkaca pada pemilihan umum serentak yang dilaksanakan pada 2019 lalu.

“Kalau penyebab pastinya saya kurang tahu, kemungkinan karena pemilu serentak tahun lalu. Sebab, pada tahun lalu ritme kerja PPA kan tinggi. Bisa jadi mereka membayangkan akan seperti itu juga. Namun, bisa jadi ritme kerja tidak seperti pemilu tahun lalu lagi,” ujar Eko.

Padahal, kalau bicara honor, kata Eko, honor PPS meningkat jika dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Bukan hanya honor PPS, honor PPK juga meningkat. Sesuai surat dari Menteri Keuangan No.735 tanggal 7 Oktober 2019, terkait usulan standar honorarium, maka honor PPK menjadi Rp2.200.000 dan PPS menjadi Rp900.000. (ham)

News Feed