by

Pengusaha Karimun Kumpulkan Dana Rp2,9 M Bantu Tangani Corona

KARIMUN (HK) – Pengusaha di Karimun mulai bergandengan tangan untuk membantu pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran corono virus disease 2019 (covid-19), dengan cara penggalangan dana. Selama tiga hari ini, dana yang terkumpul dari pengusaha maupun masyarakat yang tergabung dalam Apindo dan PSMTI Karimun sebesar Rp2.921.000.000.

Dana sebesar itu akan digunakan untuk berbagai keperluan penanganan virus corona di Karimun. Mulai dari pembelian alat pelindung diri (APD) bagi petugas kesehatan serta kebutuhan di rumah sakit dan juga Puskesmas Meral Barat yang saat ini dijadikan sebagai tempat isolasi OPD dan PDP corona.

Ketua PSMTI Karimun, Eddy Asun mengatakan, dana Rp2.921.000.000 merupakan sumbangan sukarela dari 138 orang atau masyarakat Karimun melalui Apindo dan PSMTI Karimun. Mereka bertekad mengumpulkan segala daya dan upaya membantu pemerintah daerah Karimun dalam menangani penyebaran virus corona.

“Kami dari PSMTI maupun Apindo Karimun mengumpulkan seluruh tenaga untuk menggalang dana guna membantu pemerintah daerah dalam mengatasi pencegahan maupun penanganan virus corona. Dana ini nantinya akan kami gunakan untuk membeli APD bagi petugas kesehatan di rumah sakit,” ujar Eddy Asun.

Kata Eddy, selain APD bagi petugas kesehatan, kebutuhan mendesak lainnya adalah pembelian masker dengan kualitas baik sesuai dengan standar kesehatan. Saat ini, pihaknya sudah mendapatkan jaringan untuk mendapatkan masker tersebut. Jika sudah didapat, diusahakan untuk pembelian dalam jumlah besar.

“Dalam situasi seperti ini, kita mesti melakukan gerak cepat. Tadi setelah melakukan rapat dengan pengurus, kami sudah mendapatkan informasi atau jaringan untuk mendapatkan masker dengan kualitas baik sesuai dengan standar kesehatan,” jelasnya.

Menurut dia, penggalangan dana ini masih akan terus berlanjut. Dia berharap, ke depan masih ada pihak-pihak lain yang turut memberikan kontribusi untuk membantu pemerintah daerah Karimun dalam menangani pencegahan wabah virus corona.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat menerima kunjungan pengurus Apindo dan PSMTI Karimun di rumah dinasnya, Rabu (25/3/2020) sore mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Karimun, khususnya anggota Apindo maupun PSMTI Karimun yang telah menyumbang dana dalam membantu pemerintah daerah menangani corona.

“Saya mewakili pemerintah daerah dan juga masyarakat Karimun mengucapkan terima kasih atas kerja keras dari para pengusaha maupun masyarakat melalui Apindo dan PSMTI Karimun dalam menggalang dana untuk membantu pemerintah daerah mengatasi persoalan covid-19 ini,” ujar Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq berpesan, agar dana tersebut disimpan sendiri oleh bendahara Apindo ataupun PSMTI Karimun dan jangan digabung dengan anggaran Pemkab Karimun. Sehingga, dana itu bisa digunakan langsung untuk pembelian barang seperti APD ataupun kebutuhan lainnya di rumah sakit.

“Dana itu harus terpisah dari anggaran Pemkab Karimun. Sebab, kalau digabung nanti dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah karena Pemda punya dana dari APBD dan APBN. Gunakan dana itu untuk pembelian barang ataupun kebutuhan lainnya dalam penanganan covid-19 di rumah sakit maupun Puskemas. Dana itu hanya boleh dikeluarkan ketika ada kebutuhan pembelian barang,” jelasnya. (ham)

News Feed