by

Begini Riwayat Balita yang Positif Corona di Cilacap

CILACAP (HK) – Seorang balita berjenis kelamin laki-laki di Kabupaten Cilacap yang semula berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) kini dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Anak berusia 4 tahun itu punya riwayat perjalanan ke daerah terjangkit COVID-19.

“Saya menginformasikan bahwa hari ini pukul 19.00 WIB di RSUD Cilacap telah menerima konfimasi hasil tes positif Covid-19,” kata Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Rabu (25/3/200).

Tatto menjelaskan balita itu berdomisili di Desa Bulupayung, Kecamatan Kasugihan, Cilacap. Balita itu perjalanan ke Jakarta dan Sumedang, Jawa Barat.

“Riwayat perjalanan dari Jakarta dan Sumedang. Hasil tes virus corona positif. Kondisi pasien stabil. Namun masih menjalani perawatan di ruang isolasi dan ditangani oleh tim RSUD Cilacap,” jelasnya.

Dia mengatakan jika pihaknya akan melakukan tracing dan karantina kepada orang yang pernah kontak dengan pasien tersebut. Ini dilakukan mengantisipasi penyebaran yang lebih luas.

Tatto menyebut saat ini di Kabupaten Cilacap tercatat sebanyak 123 ODP, 21 PDP dengan rincian 9 negatif dan 11 menunggu hasil laboratorium swab. Dua di antaranya telah meninggal, serta satu konfirmasi positif terjangkit Corona.

“Saya harap masyarakat untuk tidak panik, tetap tenang dan tetap waspada serta mematuhi segala imbauan dan aturan-aturan yang telah ditetapkan pemerintah,” tutupnya.

Dari informasi yang dihimpun, keluarga balita tersebut pulang dari Jakarta ke desa tempat tinggal orang tua istrinya menggunakan kereta api pada Kamis (5/3) lalu. Selama perjalanan balita tersebut sudah mengalami demam sejak masih berada di Jakarta.

Pada Senin (16/3) balita itu dibawa ke RSUD Cilacap dan mendapat perawatan medis. Kemudian pada Rabu (25/3) dari hasil lab dari Jakarta balita itu dinyatakan positif COVID-19. (*)

 

Sumber: detiknews.com

News Feed