by

Masjid Agung Karimun Hentikan Sementara Sholat Wajib Berjamaah

Karimun (HK) – Pandemi wabah virus corona membuat sejumlah aktivitas keagamaan yang bersifat mengumpulkan jamaah dihentikan. Kebijakan itu juga diambil oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Karimun. Aktivitas shalat fardhu (wajid) berjamaah mulai Kamis, 26 Maret 2020 dan shalat Jumat 27 Maret 2020 dihentikan dulu.

Penghentian sementara pelaksanaan shalat wajib berjamaah dan shalat Jumat tersebut tertuang dalam surat edaran nomor: 041/DKM-MAK/B/III/2020 tentang Pelaksanaan Ibadah di Masjid Agung Kabupaten Karimun Terkait Tanggap Darurat Penularan Infeksi Corona Virus Disease-19 (Covid-19)

Terdapat 13 poin yang disampaikan DKM Masjid Agung Karimun terkait penghentian shalat berjamaah di masjid milik Pemkab Karimun tersebut.

“Dengan berat hati, harus kami sampaikan, bahwa Masjid Agung Karimun adalah Masjid Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun dengan jumlah jama’ah yang cukup banyak khususnya ketika pelaksanaan sholat fardhu Jum’at,” bunyi surat edaran tersebut yang ditandatangani Ketua DKM Masjid Agung Karimun, Zulfan Batubara.

Masjid Agung Karimun merupakan salah satu tujuan Wisata Religi bagi sebagian wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Sebagai upaya mewaspadai resiko penyebaran Covid-19 serta mengingat ketidakmampuan DKM Masjid Agung Karimun mendeteksi ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang datang ke Masjid Agung Karimun.

Maka, Untuk sementara waktu DKM Masjid Agung Karimun tidak menyelenggarakan sholat berjama’ah, baik sholat fardhu Jum’at maupun sholat fardhu 5 waktu.

Kemudian, tidak melaksanakan kegiatan/aktifitas mengumpulkan orang (jama’ah) banyak yang diyakini dapat menjadi media penularan/penyebaran Covid-19 seperti pengajian rutin, pengajian bulanan, pengajian umum, majelis ta’lim dan lain-lain sampai ditentukannya kembali keadaan dan kondisi normal kembali oleh pemerintah.

Adapaun adzan dan pembacaan ayat suci AlQur’an tetap dikumandangkan dan jama’ah perorangan masih diizinkan dan dipersilahkan untuk melaksanakan ibadah di masjid dengan tetap mengikuti prosedur kewaspadaan dini untuk pencegahan dan penularan Covid-19.

“Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan RahmatNya untuk kita semua dan Allah angkat Pagebluk (Wabah Penyakit) Covid-19 dan kesusahn lainuua di negeri tercinta kita ini, Amiin,” demikian kata Zulfan. (ham)

News Feed